SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hati Hati dengan Amalan Yang Tidak Iklhlas


abumaryam
abumaryam
9 years ago

Hati-hati dengan amalan yang tidak ikhlas, riya' dan yang dicari hanyalah pujian. Sungguh amalan seperti ini adalah amalan yang sia-sia.



Dalam hadits qudsi disebutkan:



قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنِ الشِّرْكِ مَنْ عَمِلَ عَمَلاً أَشْرَكَ فِيهِ مَعِى غَيْرِى تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ



“Allah Tabaroka wa Ta’ala berfirman: Aku sama sekali tidak butuh pada sekutu dalam perbuatan syirik. Barangsiapa yang menyekutukan-Ku dengan selain-Ku, maka Aku akan meninggalkannya (artinya: tidak menerima amalannya, pen) dan perbuatan syiriknya”

(HR. Muslim no. 2985).



Imam Nawawi rahimahullah menuturkan,

“Amalan seseorang yang berbuat riya’ (tidak ikhlas), itu adalah amalan batil yang tidak berpahala apa-apa, bahkan ia akan mendapatkan dosa"

(Syarh Shahih Muslim, 18: 115).



Ibnul Qayyim dalam Al Fawaid mengatakan, “Tidak mungkin dalam hati seseorang menyatu antara ikhlas dan mengharap pujian serta tamak pada sanjungan manusia kecuali bagaikan air dan api.”



Seperti kita ketahui bahwa air dan api tidak mungkin saling bersatu, bahkan keduanya pasti akan saling membinasakan. Demikianlah ikhlas dan pujian, sama sekali tidak akan menyatu. Mengharapkan pujian dari manusia dalam amalan pertanda tidak ikhlas.



Ada yang menanyakan pada Yahya bin Mu’adz, “Kapan seorang hamba disebut berbuat ikhlas?” “Jika keadaanya mirip dengan anak yang menyusui. Cobalah lihat anak tersebut dia tidak lagi peduli jika ada yang memuji atau mencelanya”, jawab Yahya.



Baca selengkapnya artikel di rumaysho.com, web Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat:

http://rumaysho.com/belajar-islam/aqidah/3752-gila-pujian-dalam-beramal.html
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com