SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apa Itu Sakit Meningitis?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
1 year ago

Meningitis atau radang selaput otak adalah peradangan yang terjadi pada selaput jaringan otak yang disebut meninges yaitu membran yang menutupi otak dan sum-sum tulang belakang. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus ataupun jamur. Umumnya infeksi karena bakteri lebih parah gejalannya. Penyakit itu cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat dan benar, karena terkait dengan organ di otak dan sum-sum tulang belakang. Di mana kita ketahui bahwa otak dan sumsum tulang belakang memiliki peran penting terhadap tubuh sehingga penyakit meningitis ini gejalanya bisa mempengaruhi beberapa organ.

Meningitis termasuk penyakit yang menular bahkan mudah menular jika keadaannya mendukung. Penularannya bisa melalui cairan seperti ingus, air ludah, bersin. Bisa juga dengan beberapa media seperti gelas, piring, handuk, tisu dan lain-lain. Sebaiknya berhati-hati jika berada di daerah endemik di mana banyak yang terkena meningitis. Jika bisa anda segera menghindar dan menjauh dari daerah endemik meningitis.

Jika anda berada di daerah endemik meningitis sebaiknya berhati-hati dan perhatikan beberapa hal berikut:

1. Jagalah kebersihan lingkungan dan badan anda, biasakan cuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang berpotensi menularkan. Cuci dan bilaslah dengan air yang mengalir.
2. Hati-hati ketika makan bersama atau menggunakan sarana umum seperti kamar mandi dan WC umum.
3. Ingatkan bagi mereka yang sakit dan sehat agar memakai penutup mulut, jika bersin menutup mulut dan tidak membuang tisu sembarangan.
4. Anda juga bisa melakukan vaksin meningitis untuk usaha mencegahnya

Perlu diwaspadai gejala-gejala meningitis yaitu:

1. Demam (bisa jadi demam tinggi).
2. Kaku leher dan rasa nyeri terutama ketika menunduk.
3. Nyeri kepala hebat.
4. Mual dan muntah yang sering.
5. Terkadang tidak sadar atau terjadi penurunan kesadaran.
6. Jika sudah parah pasien bisa mengalami kejang.

Selain gejala di atas, diagnosa meningitis dilakukan dengan pemeriksaan lainnya seperti tes darah, tes cairan spinal dan CT scan. Terapi dan managemen meningtis dilakukan sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Umumnya meningitis dengan penyebab bakteri perlu terapi yang fokus dan serius. Perlu menggunakan antibiotik yang benar-benar cocok untuk bakteri tersebut bahkan bisa kombinasi antibiotik. Kuncinya adalah kontrol rutin secara berkala agar bisa dipantau dan diterapi dengan tepat.

Demikian semoga bermanfaat

Penyusun: dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh kesehatan KonsultasiSyariah.com)

_______
Dipost: 10 Jumadats Tsaniyah 1436 / 31 Maret 2015

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com