SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

TATA CARA MENJAMAK DAN MENGQOSHOR SHOLAT KETIKA SAFAR


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
10 years ago

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum. Ustadz ada pertanyaan. Kasus : naik kereta dari JKT ke SBY berangkat jam 3 sore blm adzan ashar, dijadwalkan sampai SBY jam 8 pagi. Bagaimana sholatnya yg afdol? Antara jamak taqdim, ta'khir, qoshor. Syukron, jazakumulloh atas jawabannya

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, LC,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits)

Jika seseorang melakukan safar maka lebih dianjurkan utk mengQoshor (meringkas) sholat yg 4 rokaat menjadi 2 rokaat. Dan dibolehkan menjamak (menggabungkan) antara 2 sholat pada salah satu waktu sholat dari keduanya. Baik jamak taqdim maupun ta'khir.

Utk kasus tsb; jika kereta api tidak berhenti di stasiun atau berhenti tapi waktunya tdk cukup utk sholat di masjid, dan dikhawatirkan akan ketinggalan kereta, maka hendaknya ia sholat ashar, maghrib, isya dan subuh di dalam kereta api. Sholat Ashar dilakukan pada waktunya. Kemudian utk sholat maghrib dan isya boleh dijamak dan dikerjakan pada salah satu waktu dari keduanya. Sedangkan sholat shubuh dikerjakan pada waktunya. jika memungkinkan sholat sambil berdiri maka itu lebih utama, tapi jika tidak bisa, maka boleh sambil duduk. Demikian penjelasan singkat utk kasus ini. Smg dpt dipahami dan bermanfaat.
Wallahu a'lam bish-showab..

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com