SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Telapak Tangan dan Kaki Terasa Dingin


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

Assalamu’alaikum, Saya mau tanya, tentang tubuh saya ini lho. Kenapa kalau udara dingin, sebenarnya tidak terlalu dingin sih. Hanya di bawah suhu biasanya begitu. Telapak tangan dan kaki saya serasa seperti es waktu saya pegang. Dingin banget. Padahal, teman saya yang juga pada kondisi yg sama, kedinginan juga, tapi telapaknya tidak dingin seperti halnya saya. Bisa tolong dijelaskan?

Itu saja, terima kasih untuk jawabannya. Saya tunggu ya? Wassalamu’alaikum..



Dari Siti Husniyah



Jawab:

Wa’alaikumussalam



Suhu tubuh yang berbeda dengan bagian yang lain bsa disebabkan beberapa hal. Sebenarnya, tubuh punya kemampuan untuk mengatur agar suhu tubuh sama atau hampir sama di seluruh tubuh. Telapak tangan atau telapak kaki yang terasa lebih dingin dari yang lain bisa karena informasi yang sampai ke sistem pengaturannya kaca atau tidak tepat, artinya ada kesalahan dalam transfer dan pembacaan suhu tubuh. Sehingga suhu di telapak kaki atau tangan bisa terasa sangat dingin dibandingkan yang lainnya.



Bisa juga dikarenakan aliran darah ke telapak kaki atau telapak tangan berkurang. Penyebabnya mungkin karena kelainan peredaran darah atau adanya sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan darah ke telapak kaki atau telapak tangan. Kurangnya aliran darah bisa menyebabkan timbul rasa dingin pada telapak kaki dan tangan. Bisa juga karena anda mengalami hiperhidrosis (keringat berlebihan) pada telapak kaki atau telapak tangan. Keadaan telapak berkeringat dalam suasana dingin bisa menyebabkan terasa bertambah dingin.

Beberapa penyebab dari hiperhidrosis yaitu:



● Ada penyakit yang mempengaruhi seperti penyakit saraf atau tumor.

● Ada penyakit gangguan metabolisme seperti gangguan asam urat, diabetes, gangguan tiroid dan menipouse.

● Penggunaan obat secara rutin semisal propanolol dan antidepresan.



Kami sarankan anda periksakan ke dokter, terutama melakukan pemeriksaan laboratorium darah. Sehingga penyebabnya bisa dideteksi dan segera bisa diterapi sesuai penyebabnya.



Dijawab oleh Ustadz dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh kesehatan Konsultasisyariah.com)

29 Rabi'ul Awal 1436 / 20 Januari 2015
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com