SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

HUKUM BERDOA SETELAH SALAM DARI SHOLAT FARDHU


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
8 years ago

Pertanyaan :



Bismillah.

‎​السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, Tentang pertanyaan di MHA 6, tentang mengusap wajah, disitu Ustadz jelaskan juga tentang berdoa setelah sholat. Ana takutnya, hal itu dianggap termasuk sunnah nabi صلى الله عليه وسلم, dimana setelah salam, baca dzikir, kemudian berdoa. Sedangkan yang ana pahami, hal tersebut (berdoa setelah sholat fardhu) tidak disunnahkan, karena tidak ada contohnya dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم, namun juga tidak terlarang. Mohon penjelasannya, baik kepada ana maupun di grup, mengingat banyak yang masih awam. ‎​بارك الله فيكم



Jawaban Oleh Ustadz Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :

(Disusun Di BBG Majlis Hadits Akhwat)



وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah. Berdoa dan berdzikir kpd Allah ada 2 macam:



1) doa dan dzikir yg mutlak, tidak dibatasi dengan waktu, tempat, bilangan dan kesempatan tertentu.



2) doa dan dzikir muqoyyad, terbatas dan terikat dengan waktu, tempat, bilangan dan kesempatan tertentu.



Dan apa yg saya sebutkan dlm jawaban pertanyaan seorang member di MHA 6 adalah termasuk dlm bagian doa dan dzikir yg pertama. Dimana seorang hamba diberi kebebasan dan pilihan untuk memanjatkan doa kpd Allah setelah melaksanakan ibadah yg paling agung, yaitu sholat dan dzikir setelahnya. Dan dibolehkan pula tidak berdoa. Sehingga dlm hal ini tidak ada pengingkaran karena bukan termasuk amalan bid'ah.



Doa yang diingkari oleh sebagian ulama sunnah adalah doa yg dipanjatkan oleh seorang hamba setelah ia selesai salam dari sholat dan seblm berdzikir dengan dzikir2 yg diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Bahkan syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menganggap doa tsb adalah bid'ah karena menyelisihi tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Adapun doa yg dipanjatkan setelah dzikir dari sholat fardhu maka trmasuk dlm keumuman adab2 dlm berdoa, yaitu doa dilakukan setelah seseorang melakukan amal sholih dan setelah memanjatkan puja puji syukur kehadirat Allah ta'ala. Demikian penjelasan saya. Smg bisa dipahami dan menjadi ilmu yg bermanfaat. Wallahu ta'ala a'lam bish-showab.
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com