SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berdiri Dengan Satu Kaki Susah Seimbang? Hati-hati!


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago

Ada cara mudah untuk mengetahui risiko stroke di kemudian hari. Berdirilah dengan satu kaki, jika susah mempertahankan keseimbangan selama 20 detik saja maka risiko mengalami kerusakan pembuluh darah di otak cenderung lebih tinggi.



Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Stroke. Penelitian tersebut melibatkan 841 wanita dan 546 pria dengan usia rata-rata 67 tahun.



"Penelitian kami menemukan bahwa kemampuan untuk seimbang dengan satu kaki adalah tes penting untuk mengetahui kesehatan otak," kata Yasuharu Tabara, PhD dari Kyoto University yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Science Daily, Jumat (18/12/2014).



Dr Tabara mengungkap ketidakmampuan untuk menjaga keseimbangan saat berdiri hanya dengan satu kaki berhubungan dengan risiko cerebral small vessel disease. Kondisi tersebut ditandai dengan perdarahan mikro yang terkadang tidak memunculkan gejala.



Berdasarkan analisis hasil eksperimen dan pemindaian otak, partisipan yang mengalami perdarahan mikro gagal menjaga keseimbangan selama 20 detik. Dalam eksperimen terebut, para partisipan sebenarnya diminta berdiri dengan satu kaki selama 60 detik dalam kondisi mata terbuka.



Selain berhubungan dengan risiko stroke, kondisi ini juga berhubungan dengan penurunan fungsi otak. Menurut penelitian Dr Tabara, partisipan yang gagal menjaga keseimbangan dalam 20 detik juga mengalami peningkatan risiko demensia atau pikun.



Sumber: detik health



---

Dipost oleh Ustadz Abu Riyadl, Lc -hafizhahullah- tgl 27 Shafar 1436 / 20 Des 2014



__________________

@UmmuAdamZak
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com