SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dalam Bimbingan Islam


abumaryam
abumaryam
7 years ago

Setiap amal shalih yang Anda kerjakan, anggaplah Anda tidak pernah mengerjakannya. Ini merupakan salah satu bentuk penjagaan diri dari riya' n ujub (bangga diri). Mengikhlaskan amal hanya kpd ALLAH merupakan pokok agama dan puncak amalan. Tidaklah sempurna keberadaan suatu amal tanpa disertai tujuan dan niat yg lurus.

Abdullah bin al-Mubarak berkata, "Berapa banyak amalan kecil yang menjadi besar karena niat, dan berapa banyak amalan besar menjadi kecil karena niat (yg rusak)."

Jangan pernah remehkan amal meski jumlahnya sedikit. Kendati suatu amal yg dikerjakan itu hy sedikit, namun jika disertai keikhlasan, maka pahalanya akan berlipat ganda.

"Barangsiapa yg bersedekah dengan separuh kurma dari hasil usaha yg baik (ALLAH tdk menerima kecuali yg baik) maka ALLAH akan menerima sedekah itu dgn tangan kanannya, lalu mengembangkannya utk org yg melakukannya, sebagaimana salah seorang diantara kalian mengembangkan anak kudanya, hingga menjadi laksana gunung yg besar." (Muttafaq 'alaih)

Fudhail bin Iyadh berkata, "Beramal demi manusia adalah syirik dan meninggalkan amal karena manusia adalah riya. Adapun ikhlas adalah manakala ALLAH menjaga Anda dr keduanya."

Dalam keikhlasan terdpt ketenangan hati, perasaan bahagia n ketenangan hati. Dia akan merasa tenang dr manusia krn ia mengetahui bahwa ia tdk memerlukan kedudukan dihati manusia. Karena pd hakekatnya manusia tdk dpt mendatangkan manfaat dan mudharat bg dirinya.

"Tidaklah kamu diberi umur panjang, lalu kamu mengerjakan suatu amalan yg dengannya engkau mencari wajah ALLAH, melainkan derajat n kedudukanmu akan bertambah karenanya." (Muttafaq 'alaih)


MAKA SEMBUNYIKANLAH AMAL SHALIH YG ENGKAU LAKUKAN, DAN NIATKAN SEMATA-MATA DEMI MENGHARAP WAJAH ALLAH

SESUNGGUHNYA KEIKHLASAN ITU MEMBUTUHKAN KESUNGGUHAN, baik SEBELUM BERAMAL, SAAT BERAMAL maupun SETELAH BERAMAL.

♥ ♥ ♥
Ya ALLAH, kami senantiasa memohon kpd-MU amalan shalih dan penjagaan terhadapnya. Allahumma Amin ...

--Abu Faiz--

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com