SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Kumpulan Fatwa 06: Membantah Kebatilan adalah Sebuah Keharusan Namun Bagi Ahlinya (Fatwa Syaikh Shalih Fauzan)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago


📋 Kumpulan Fatwa 06

Membantah Kebatilan adalah Sebuah Keharusan Namun Bagi Ahlinya

Asy-Syaikh Sholih Al Fauzan hafidhzohulloh.

السائل : هناك من يزهد في الردود ويرى أن هذا تفريق للأمة وربما زهدوا فيمن يردون على أهل البدع والضلال وهناك من يرى عدم الخوض في الردود والتكلم في أخطاء طلبة العلم والدعاة إذا أخطأوا ونأمل التوجيه حيال ذلك ؟

TANYA:
Di sana ada orang yang enggan membantah dan menganggap bahwa hal ini bisa menimbulkan perpecahan di tengah ummat, dan mereka enggan untuk membantah ahli bid’ah dan tokoh-tokoh kesesatan.

Dan juga ada di sana orang-orang yang yang berpandangan tidak bolehnya berdalam-dalam membahasa bantahan dan menyebut kesalahan para penuntut ilmu serta da’i jika mereka melakukan kesalahan.

Dan kami (hendak; penj.) memperhatikan bagaimana pengarahan menghadapi keadaan seperti itu?

فأجاب حفظه الله :
الردود على قسمين :
الردود الصادرة عن أهل العلم والمعرفة والبصيرة لبيان الحق ودحض الباطل فهذه ردود مفيدة ولابد منها.
أما الردود التي تصدر عن الجهال والطلاب غير المتمكنين أو الردود التي تصدر عن أهواء ورغبات فهذه ردود لا تجوز لأنها تضر ولا تنفع .
أما الردود الصحيحة الصادرة عن أهل العلم المعتمدة على بيان الحق لا على الهوى فهذه لابد منها لأنه لا يجوز السكوت عن أهل الضلال ينشرون ضلالهم ويغررون بالأمة وشباب الأمة .
الإجابات المهمة في المشاكل الملمة الجزء الثاني

➰JAWABAN:
Bantahan itu ada dua jenis:

🔗Bantahan yang datang dari ahli ilmu dan ma’rifah serta bashiroh utnuk menjelaskan al-Haq dan membantah kebatilan, jenis ini adalah bantahan yang sangat berfaidah dan merupakan sebuah keharusan.

🔗Dan bantahan yang datang dari orang-orang yang bodoh, atau para penuntut ilmu yang belum sampai derajat kokoh keilmuannya, atau bantahan yang datang dari hawa nafsu dan semangat-semangat belaka, maka ini merupakan bantahan yang tidak dibolehkan, menyebabkan kerusakan dan tidak bermanfaat.

Adapun bantahan yang benar adalah yang datang dari ahli ilmu yang kokoh dalam memnjelaskan al-Haq dan bukan karena hawa nafsu. Yang demikian adalah keharusan, sebab tidak boleh baginya untuk diam dari orang-orang sesat dan menyebarkan kesesarannya, menipu ummat dan para pemuda.

📚📚Sumber:
(al-Ijābah al-Muhimmah fi al-Masyākil al-Mulimah, Juz: 2)

Penerjemah::
Ustadz Hudzaifah bin Muhammad
-hafizhahullah-

Al Fatawa Al Fauzan
15 November 2014

___________________
@UmmuAdamZak

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com