SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tanda Kanker Serviks dan Pengobatannya


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

Apa sih Kanker Serviks Itu?



Kanker serviks adalah kanker pada mulut rahim, yaitu penghubung antara vagina dan rahim atau pintu masuk ke dalam rahim. Kanker ini merupakan yang terbanyak menyerang wanita bersama kanker payudara sehingga cukup dikhawatirkan dan menjadi momok bagi para wanita. Juga termasuk kanker yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia.



Penyebab kanker serviks ini adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV) terutama tipe 16 dan 18. Ketika daya tahan tubuh menurun dan waktu penyebaran yang tepat serta mendukung virus untuk menginfeksi, maka tubuh bisa terserang virus ini.

Selain itu, pola hidup yang tidak baik, juga mendukung penyebaran virus misalnya:



■ Sering berganti pasangan seks bebas

■ Sering melakukan seks tidak normal misalnya anal dan oral seks

■ Alkohol dan merokok yang membuat daya tahan tubuh menurun

Beberapa gejala kanker servis yang jika muncul sebaiknya anda segera memeriksakan:



■ Sering merasa sakit atau terjadi perdarahan ringan ketika berhubungan Intim

■ Sering merasa nyeri di daerah pinggul

■ Nyeri saat menstruasi yang tidak biasanya

■ Sering merasa nyeri saat buang air kecil

■ Sering terkena keputihan

Untuk diagnosa awal kanker serviks bisa menggunakan tes skrining Pap smear. Bagi wanita dengan faktor resiko tinggi kanker ini sebaiknya melakukan tes skrining ini, misalnya wanita pekerja seks komersial. Untuk diagnosa pastinya perlu biopsi kanker untuk melihat apakah sel-sel tersebut benar-benar sel kanker.



Para wanita tidak perlu terlalu khawatir karena ada vaksin untuk mencegah infeksi virus penyebab kanker serviks ini. Yaitu vaksin HPV dengan tujuan utam wanita usia produktif berumur 9 sampai 26 tahun. Vaksin ini bisa mencegah terjadinya infeksi HPV dan mengurangi kejadian kanker serviks. Vaksin ini sudah tersedia di beberapa center pengobatan dan memang belum tersedia luas di berbagai layanan kesehatan.



Pengobatan kanker Serviks ini tergantung pada stadiumnya. Memang operasi bedah adalah pengobatan terbaik untuk kanker. Operasi juga ada tingkatannya ada yang diangkat sebagian organ rahim saja dan ada yang seluruh rahimnya yang diangkat. Tergantung derajat dan apakah pasien masih ingin mempertahankan kesuburan atau tidak.



Untuk lebih berhati-hati jika anda mengalami beberapa gejala terkait kanker serviks, sebaiknya segera periksakan diri karena lebih cepat dideteksi lebih baik.



Demikian semoga bermanfaat



Disusun oleh Ustadz dr. Raehanul Bahraen hafidzahullah

(Pengasuh Kesehatan www.konsultasisyariah.com)

Artikel Konsultasisyariah.com

17 Al-Muharram 1436 / 10 Nov 2014



___________________

@UmmuAdamZak
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com