SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

MENGHADIRI RESEPSI PERNIKAHAN NON MUSLIM


ummu ibrohim
ummu ibrohim
8 years ago

Pertanyaan.
Bagaimanakah hukumnya kita sbg Muslim menghadiri acara pernikahan orang non-Muslim?

Jawaban

Menghadiri undangan pernikahan non-Muslim hukumnya boleh, apabila dalam acara tersebut tidak ada unsur kemaksiatan atau perbuatan yang dilarang oleh syari’at seperti syiar-syiar agama mereka, jika ada, maka hukum menghadirinya haram.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah mngatakan : jk ada tetanggamu yg kafir mngadakan resepsi p'nikahan & dia m'undangmu, maka kamu boleh memenuhi undangan itu tp bukan sebuah kewajiban. Kecuali apabila dalam acara itu ada acara-acara keagamaan atau syiar-syiar agama mereka, maka hukum memenuhi undangan itu menjadi haram. Karena mengadiri undangan yang ada syiar-syiar kekufurannya sama dengan ridah terhadap syiar-syiar tersebut, sementara ridah thdp kekufuran adalah suatu yg sangat b'bahaya (bagi akidah seseorang).

Oleh karena itu para ulama sepakat m'haramkan p'berian ucapan selamat kepada orang kafir bertepatan dengan acara keagamaan mereka seperti memberikan ucapan selamat hari Natal. Sdgkan m'berikan ucapan selamat dalam acara pernikahan atau kelahiran, para Ulama membolehkan dengan syarat ada maslahat (kebaikan) yang diharapkan atau dalam rangka membalas perbuatan baik mereka kepada kita” [Syahrul Mumti’. 12/322 Bab Walimatil Ursy]

Demikianlah fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah. Namun berkaitan dgn mengkonsumsi hidangan, maka jika hidangan itu berupa daging sembelihan selain ahli kitab, mk hkmnya haram. Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah mengatakan : Sembelihan penyembah b'hala adalah haram b'dasarkan ijma.
___________________
Sumber: http://almanhaj.or.id/content/2150/slash/0

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com