SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menyembuhkan Eksim


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
4 years ago

Pertanyaan:



Assalamu’alikum.



Saya sudah hampir 4 tahun mengalami gatal di kaki, terkadang gatal dan kadang tidak. Mungkin ini yang namanya eksim. Bagaimana cara penyembuhannya? Dan apakah eksim menular? Sebab, ketika saya merasa gatal di salah satu titik kulit, maka gatal itu akan melebar sedikit dan rasa gatal yang sangat.



Jawaban:



Wa’alaikumussalam.



Eksim atau dermatitis merupakan suatu bentuk kelainan kulit, tampak peradangan dan iritasi. Sebenarnya untuk eksim sangat banyak jenisnya dan untuk mengetahui (mendiagnosis) perlu dilihat langsung untuk mengetehui “ujud kelainan kulit” (UKK). Dengan melihatnya maka akan sangat membantu dokter untuk mendiagnosis dan memilih terapi yang pas.



Jenis eksim yang paling banyak adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Kemungkinan jenis ini ada pada Anda, karena memang sering kambuh gatalnya dan terjadi pada tungkai, tangan dan kaki. Memang sering timbul gatal dan terkadang tidak gatal, karena aksim jenis ini dipengruhi juga oleh alergi. Gejala umum eksim yaitu menimbulkan bekas yang menghitam, tebal, gatal, dan seringkali kambuh.



Untuk pengobatan eksim secara umum, paling pertama adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Katena jika digaruk bisa menimbulkan luka dan terkadnag kuku kotor dan tidak bersih. Dokter umumnya akan meresepkan obat antihistamin yaitu obat antigatal. Kemudian Salep kortikosteroid seperti hidrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Pada kasus yang berat, obat kortikosteroid oral bisa diberikan



Beberapa hal yang harus anda perhatikan:



- Jangan sering menggaruk, apalagi menggaruk dengan kasar.



- Gunakan pakaian dengan bahan dasar yang menyerap keringat, hindari bahan wol yang kasar.



- Jika alergi dengan makanan atau benda tertentu, harus dihindari.



- Kurangi bersentuhan dengan sabun atau deterjen yang keras.



- Kurangi kontak dengan zat-zat kimia seperti kosmetik dan obat-obatan keras pada kulit.



- Hindari kegemukan karena akan lebih mudah berkeringat.



- Jangan terlalu sering mandi dan membasahkan kulit.



Sebaiknya anda segera berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit, karena sebagaimana yang diungkapkan didepan bahwa diagnosisnya perlu melihat UKK agar bisa diketahui diagnosa dan terapi yang tepat.



Dijawab oleh: Ustadz dr. Raehanul Bahraen hafidzahullah (pengasuh kesehatan Konsultasisyariah.com)



_____________________

Twitter: @UmmuAdamZak
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com