SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara Bersedekah Dan Mengirim Pahala Kepada Orang Yang Sudah Wafat (Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, MA)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago

Pertanyaan:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ada hadis: Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.”

Yang saya tanyakan : Apabila orang itu sudah meninggal terus keluarga ingin bersedekah, maka niat sedekah sebaiknya bagaimana ? Apakah niat bersedekah atas nama ahli kubur, atau pahala dari sedekah itu yang diniatkan untuk ahli kubur ?

Dijawab Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 414)

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Bersedekah dengan mengatasnamakan mayit, atau dengan niat pahala sedekahnya dihadiahkan kepada mayit adalah sama saja hukumnya BOLEH dan BENAR secara syar'i.

Dan para ulama sunnah berpendapat bahwa pahala sedekah/infaq/wakaf tersebut akan sampai kepada mayit, atau dengan kata lain si mayit akan mendapat manfaat dari sedekah yang dikeluarkan oleh orang yang masih hidup.

Apalagi jika orang yang bersedekah tersebut adalah anak kandungnya sendiri, maka pahala sedekahnya dan juga semua amal ibadah yang dilakukannya akan sampai kepada orang tuanya secara otomatis, baik orang tuanya masih hidup ataukah sudah meninggal dunia, baik pahala sedekah atau amal sholih itu diniatkan sebagai hadiah untuk orangtuanya atau pun tanpa diniatkan sebagai hadiah.

Yang jelas, in syaa Allah, pahala semua amal kebaikan anak sholih akan sampai kepada kedua orangtuanya di saat masih hidup ataupun sesudah wafat.

» Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam :

إن من أطيب ما أكل الرجل من كسبه وولده من كسبه

Artinya: “Seenak-enak makanan yang dimakan oleh seseorang adalah hasil jerih payahnya sendiri, dan anak seseorang adalah termasuk jerih payahnya.” (HR. Abu Daud, no. 3528 dan dinyatakan SHOHIH oleh syaikh Al-Albani)

» Oleh karena itu, jika kita merasa cinta dan sayang kepada kedua orangtua kita, hendaknya kita berupaya menjadi anak sholih dan sholihah yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah Ta'ala kapan dan dimanapun kita berada. Sebab semua pahala amal sholih kita akan bermanfaat bagi kedua orangtua kita. Apalagi orangtua kita yang sudah meninggal dunia, mereka sangat membutuhkan kiriman pahala amal sholih dari anak-anaknya yang masih hidup di dunia. Sedangkan harta benda kita berupa emas, perhiasan, rumah, kendaraan, tanah, dan sebagainya sangat tidak dibutuhkan oleh orangtua kita yang sudah meninggal dunia, kecuali apa yang diinfaqkan darinya di jalan Allah Ta'ala.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan. Semoga mudah dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

(Klaten, 28 Ramadhan 1435H / 26 Juli 2014)

emil nashar
emil nashar
5 years ago

apakah orang tua kita y telah wafat akan tau kiriman dr siapa ustas???
Shinta Widowati
Shinta Widowati
5 years ago

C
Shinta Widowati
Shinta Widowati
5 years ago

apabila saya memohon ampun dan bertobat atas dosa2 yg pernah saya lakukan akan diterima Allah SWT dan mengampuni alm. Bapak saya?
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com