SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana Sich Tahap Pematangan Kurma


Admin Dua
Admin Dua
6 years ago

Jakarta - Kurma yang dikenal berwarna cokelat dan empuk. Sebelumnya buah yang manis iini melewati beberapa tahap pematangan terlebih dahulu. Ternyata, awalnya kurma pahit, keras, dan berwarna hijau!

Buah kurma berasal dari pohon Phoenix dactylifera. Setelah penyerbukan, buah kurma muda yang masih berwarna putih gading disebut hababauk. Buah tersebut kemudian perlahan-lahan menjadi hijau pada tahap kimri. Ukuran dan beratnyapun berkembang cepat di tahap ini.

Pertambahan berat menjadi lambat di tahap khalal, 17 minggu setelah penyerbukan. Warnanya berubah menjadi kuning atau merah, tergantung varietasnya. Di tahap ini, kurma terasa keras dan agak pahit karena kandungan tanninnya tinggi.

Proses pengendapan tannin pada beberapa varietas berlangsung cepat, sehingga sudah enak dikonsumsi meski baru tahap khalal. Kandungan sukrosanya juga bertambah sedangkan kelembapannya berkurang.

Tahap berikutnya adalah rutab yang dimulai enam minggu kemudian. Kulitnya yang keras melunak dan berwarna cokelat mulai dari ujungnya, kemudian perlahan-lahan ke seluruh bagian buah seiring proses pematangan. Beratnya berkurang karena kehilangan kelembapan.

Seiring buahnya melunak, tanninnya pecah. Kurmanyapun menjadi lebih juicy dan manis. Banyak orang memilih tahap yang separuh lunak, separuh keras ini karena memiliki kombinasi juicy manis dengan tekstur agak renyah.

Tamar adalah tahap terakhir yang dimulai pada minggu ke-27. Kurma di tahap ini telah matang sepenuhnya, sangat manis dan juicy. Namun, biasanya kurma dipetik dan dijual di tahap khalal dan rutab.

Selain masak alami di pohon, kurma juga bisa dimatangkan menggunakan metode pembekuan, dehidrasi, dan penjemuran. Selanjutnya buah ini dikemas dalam beragam wadah.

http://food.detik.com/ramadan/read/2014/07/08/070048/2630705/297/bagaimana-buah-kurma-menjadi-masak-dan-enak-dimakan

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com