SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Seputar Poligami (1) (Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, MA)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago

Pertanyaan :

Dari Moderator BBG AI Ilmu - 49. Assalamu'alaikum..Teman ana punya istri dan dia lagi dekat dengan wanita lain..dan mereka mau menikah nantinya..Apakah ini dibolehkan dalam syariat Islam? Mohon pencerahannya..Syukron.

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 402)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Hukum seorang laki-laki muslim ingin menikah lagi dengan wanita selain istrinya yang sudah ada adalah BOLEH selagi memenuhi syarat-syarat dan Rukun Nikah, dan ia belum memiliki 4 istri dalam satu waktu.

Namun yang perlu diperhatikan, ketika melakukan proses pendekatan dan ta'aruf dengan wanita calon istri tidak mengandung unsur pelanggaran terhadap aturan syari'at, seperti berpacaran, kholwat (berduaan) secara langsung dengan fisik, maupun lewat sms, bbm, telpon, chatting, dan semisalnya.

Kemudian, perlu dipertimbangkan pula antara maslahat dan mafsadat yang ditimbulkan akibat nikah lagi.
Jika, maslahatnya lebih besar, maka silakan laksanakan niat baik untuk nikah lagi. Namun jika mudhorot (bahaya dan keburukan)nya justru lebih besar bagi dirinya dan keluarganya, maka sepantasnya ia menghindari mudhorot tersebut demi mewujudkan maslahat yang lebih besar.

Demikianlah sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama sunnah di dalam kaedah fiqih Islam.

Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

Fika Firmasanty
Fika Firmasanty
5 years ago

Asalamualaikum ustad.

Saya mau bertanya, akan tetapi sebelumnya saya ingin menjelaskan kondisi rumah tangga saya terlebih dahulu.

Saya baru menikah 3 tahun, dan dikaruniai anak laki laki berumur 16 bulan.

saya masih mampu melayani suami saya dengan baik.

akan tetapi bulan puasa tahun ini saya baru tahu suami saya memiliki wanita lain diluar rumah, yang sering sms, bbm, shating bahkan menlfon dimalam hari.

kami bertengkar terus, tetapi suami saya tetap bersikeras ingin menikahi wanita itu, dan dia mengatas namakan sumua itu takdir.



saya selalu bilang, saya ingin mempertahankan rumah tangga yang baru seumur jagung ini, tetapi dia selalu menyuruh saya untuk bisa nerima kondisi dimana dia akan menikah lagi, dan terus memaksa saya untuk mengijinkannya menikah. karena dia bilang itu sesuai ajaran Rosulullah.



Saya harus bagaimana ustadz?

tolong berikan saya pencerahan. karena dia tetap pada pendiriannya.
Reno
Reno
5 years ago

Apabila lihat dari postingan "Hukum Seputar Poligami" .. "..Namun yang perlu diperhatikan, ketika melakukan proses pendekatan dan ta'aruf dengan wanita calon istri tidak mengandung unsur pelanggaran terhadap aturan syari'at, seperti berpacaran, kholwat (berduaan) secara langsung dengan fisik, maupun lewat sms, bbm, telpon, chatting, dan semisalnya."



di atas maka jawaban Ustadz Wasitho sudah jelas tidak boleh melakukan proses tersebut dan bisa dikatakan berselingkuh dan hukum2 selingkuh sudah banyak di bahas tanya ustadz di salamdakwah.com

http://www.salamdakwah.com/baca-pertanyaan/rumah-tangga-3.html

http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/selingkuh.html
andirahman
andirahman
5 years ago

Gimama kita pengen menjadi orang yang sholeh dan juga bisa melindungin keluarga sakinah mawadah dan warohmaha..apa itu boleh d laksanakan
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com