SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat Dan Penyebabnya


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago


Penulis: Yanti

(Beauty Therapist and Paramedical Aesthetics)



Terdapat beberapa hal penyebab timbulnya jerawat



1. Produksi minyak berlebih pada wajah

Minyak dapat menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori.

Produksi minyak berlebih ini dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak lemak.



2. Bakteri

Jerawat dapat diperparah oleh pertumbuhan bakteri dan berkembang biak pada kelenjar sebaceous yang tersumbat, dan memproduksi zat-zat yang menimbulkan iritasi. Jika didiamkan, kelenjar minyak akan membengkak, pecah, dan menimbulkan jerawat batu.



3. Sel-sel kulit mati

Seiring dengan bertambahnya umur, regenerasi sel menjadi lebih lambat.

Hal ini menyebabkan sel kulit mati menumpuk di permukaan, dan ketika sel kulit mati bercampur dengan kotoran pada kulit, dapat menyumbat kelenjar minyak dan menyebabkan jerawat.



4. Faktor hormonal

Adanya ketidakseimbangan hormon dapat merangsang produksi minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti pada masa puber, pada masa menstruasi, saat kehamilan, pemakaian pil kontrasepsi atau stress.



5. Kosmetik

Menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah juga memicu timbulnya jerawat. Kosmetik yang mengandung banyak minyak, bedak, foundation dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Selain itu, mengenakan kosmetik yang terlalu tebal juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri pada wajah.



6. Obat-obatan

Mengkonsumsi obat kortikosteroid dapt memicu terjadinya jerawat, karena obat ini dapat melemahkan daya tahan tubuh, serta berpotensi meningkatkan aktivitas bakteri pathogen.



7. Faktor genetik



Jenis-jenis jerawat



1. Komedo

Jenis ini mengandung sebum dan sel kulit mati, bereaksi dan menyebabkan oksidasi melanin dan merupakan substansi hitam yang perlahan merembes keluar untuk membentuk komedo.



2. Whiteheads

Jenis jerawat yang tetap berada di bawah permukaan kulit, bisa juga disebut komedo tertutup, dimana folikel diisi dengan sebum yang sama dan sel-sel kulit mati, folikel ini memiliki bukaan sangat kecil, udara tidak mencapai ke dalamnya, sehingga tidak terjadi oksidasi. Dengan demikian, substansi tetap putih, dan dapat dilihat di bawah permukaan kulit.



3. Papula

Merupakan benjolan merah atau merah. Terjadi karena pori-pori diisi dengan bakteri, sebum dan sel kulit mati, terjadi pada dinding folikel dan menyebabkan substansi menyebar ke dalam dermis.



4. Pustula

Jerawat jenis ini berwarna merah di bagian bawah, dan nanah di atas, muncul dalam berbagai ukuran dan kadang-kadang terdapat comedonal kecoklatan.



5. Nodul

Merupakan jerawat yang cukup besar, menyakitkan dan padat. Merupakan jerawat yang parah dan tidak boleh dipencet. Pengobatan harus ditangani oleh dokter atau dermatologist.



@Cantique Skin and Beauty Clinic,

Rowville, Victoria, Australia
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com