SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sikap Ghuluw (Berlebihan) Dalam Agama


Ummu Hanif
Ummu Hanif
8 years ago

Sikap Ghuluw (Berlebihan) Dalam Agama

Tidaklah sikap ghuluw ini dilarang, melainkan karena akan menghancurkan para pelakunya, menghancurkan pondasi Islam. Rosulullah bersabda, "Jauhilah oleh kalian al ghuluw, sesungguhnya yang telah membinasakan orang-orang sebelum kalian adalah al ghuluw." (HR Ahmad, Nasaa'i, Ibnu Majah, dan lainnya dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu).

Allah telah berfirman dalam beberapa ayat dalam Al Qur'an, tentang larangan bersikap melampaui batas, diantaranya dalam : QS Thohaa: 81,
QS An Nisaa: 171, QS Huud: 112, juga kisah tentang penyimpangan kaum dimana Nabi Nuh diutus padanya,yg dijelaskan Allah dalam QS Nuh: 23.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, "Cikal bakal terjadinya penyimpangan aqidah pada bani Adam ialah syirik terhadap orang-orang sholeh yang diagungkan, tatkala mereka mati, didatangi kuburannya, dibuatkan gambar-gambarnya lalu diibadahinya." (Al Fatawa 13/363).

Sikap ghuluw pada kebanyakan orang-orang Nashrani ialah berlebihan pada Isa 'alaihis salam. Mereka mengangkat Isa dari kedudukannya sebagai seorang Nabi, hingga menjadikannya ilah selain Allah

Adapun orang-orang Yahudi kebalikannya, mereka merendahkan Isa 'alaihis salam sampai menyatakan bahwa ia sebagai anak hasil hubungan yang tidak halal.

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, "Barangsiapa yang menyerupai Yahudi dan Nashrani dari ummat ini dalam hal berlebihan dalam agama dengan menambah-nambahi atau mengurang-ngurangi, maka telah serupa dengan mereka." Berlebihan dalam agama berarti berkeyakinan dengan sesuatu yang tidak berasal dari aqidah Islam, beribadah dengan sesuatu yang tidak pernah dicontohkan dan diajarkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga dalam hal bermuamalah serta yang lainnya.

Sikap yang benar dalam menyikapi para ulama adalah sikap pertengahan, artinya tidak berlebihan (ghuluw) dalam mengagungkan mereka sehingga dikultuskan dan menganggap bahwa beliau tidak pantas salah, dan juga tidak bersikap melecehkan

http://rumaysho.com/belajar-islam/aqidah/3233-memperlakukan-ulama-dengan-sepantasnya.html

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com