SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

PAHAM DASAR FOOD COMBINING


Mochamad Nugraha
Mochamad Nugraha
6 years ago

PAHAM DASAR FOODCOMBINING 01

Satu hal tentang Foodcombining (FC) kenapa ia bisa begitu cepat populer, adalah kehebatanya dalam memberikan efek perbaikan kesehatan sementara pengerjaannya relatif mudah.

Walau mudahnya ini yang sering membuat FC jadi disalah artikan, tapi tidak bisa dipungkiri inilah faktor kekuatan utamanya. Berikut satu persatu hal sederhana tentang FC yang harus disampaikan.

1. MAKANLAH BUAH DENGAN PERUT KOSONG

Ini hal paling signifikan yang membedakan FC dengan pola makan diet langsing yang umum dikenal.

Kenapa perut kosong? Kita harus mengenal sifat dasar buah. Yang kaya akan enzim, mineral, koenzim, air serta serat, juga dipenuhi oleh fruktosa, gula buah. Sifat dasar gula adalah mengganggu kerja sistem cerna bila ia dalam jumlah banyak tercampur dengan makanan lain. Walau fruktosa lebih sederhana dan tidak terlalu mengganggu kerja tubuh seperti gula populer lain (dekstrosa, galaktosa dll) tapi tetap saja ia adalah gula yang akan mengganggu saat dikonsumsi bersamaan makanan di luar jenis buah.

Hal ini mengeliminir budaya makan yang sangat populer di budaya kuliner mana pun, mempergunakan buah sebagai hindangan pencuci mulut! Disajikan setelah kita menyantap hidangan pembuka dan utama. Bagaimana cara mengatasinya? Mudah saja. Makanlah buah di awal, tunggu hingga 15-20 menit, baru berpindah ke hidangan lanjutan.

Tapi bagaimana dengan konsep makan buah dalam jumlah banyak untuk menjaga kesehatan? Hal ini sangat benar, dan memang hanya mengkonsumsi buah sesaat sebelum makan membuat jumlah dan variannya sangat terbatas. Untuk itu, pelaku FC sangat dikenal dan mudah dibedakan dari pelaku pola makan lain, mereka mengkonsumsi buah sebagai sarapan utama. Dikonsumsi secara banyak, bervariasi serta berkala (dimakan lagi saat lapar) umumnya dimulai dari rentang jam 05.00 - 11.00.

Kenapa?

Hal ini nanti akan dibahas lebih lanjut dalam paham dasar selanjutnya, terkait "Ritme Sirkadian". Yang pasti sarapan buah! Dan tidak ditemani oleh minuman lain, selain air putih. Kok? Selain kembali pada hukum, "buah jangan dimakan dengan dicampur apapun", hal itu pun nanti akan kita bahas lebih jauh.

Berikut kesalahan lain diluar hal signifikan diatas. Buah dikenal memiliki kemampuan menahan lapar serta nilai kalori sedang hingga rendah, sehingga sering sekali dipergunakan untuk pengalih rasa lapar dalam banyak diet. Ini tindakan yang salah kaprah, buah walau mengenyangkan, ia sangat mudah dicerna oleh tubuh. Dengan kata lain, buah walau mengenyangkan, namun hanya makan buah cepat sekali rasa kenyang itu berubah menjadi kembali lapar. Jadi kalau mau kenyang dari makan buah, frekuensi makan mesti ditingkatkan.

Ini menjadi bumerang lain, saat banyak orang mengganti makan malam dengan buah. Mereka sering sekali terbangun malam hari dalam keadaan kelaparan. Sementara saat tidur, tubuh perlu energi besar untuk melakukan metabolisme besar-besaran. Akhirnya? Terpaksa makan sesuatu untuk mengganjal rasa lapar, jadilah tubuh tersiksa. Karena sistem cernanya terpaksa bekerja lagi disaat ia harusnya beristirahat.

Mudah kan?
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com