SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Memuliakan Istri


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
5 years ago

Penulis: Ibnu Mukhtar -hafidzahullah-


Segala puji bagi اللّـﮧ, shalawat & salam untuk Rasulullah..wa ba’du!


Saudaraku seIslam ~khususnya para suami- yang saya cintai, memuliakan istri merupakan salah satu tanda keshalihan seorang suami. Banyak perkara yang bisa kita lakukan untuk memuliakan istri kita, diantaranya :


Pertama,

memanggil istri dengan panggilan mesra yang disukainya.


Sepakatilah dengan istri tentang panggilan mesra yang disukainya, dan janganlah pernah merasa sungkan atau berat memanggil ‘Sayangku’ kepadanya. Bagi yang istrinya lebih dari satu, jangan sampai tertukar panggilan sayangnya itu, hmm.. bisa-bisa kena jewer lho..


Kedua,

berikanlah busana yang sesuai syar’i, dan bantulah agar ia selalu menutup dan menjaga auratnya sebagaimana yang ditetapkan اللّـﮧ & Rasul-Nya.


Ketiga,

bimbinglah istrimu menjadi istri yang shalihah, penyejuk mata & hatimu dengan ilmu yang benar, kasih sayang dan ketauladanan, bukan dengan arogansi, kekejian dan kekasaran.


Keempat,

jika ada perkara yang tidak disukai, janganlah mencela dan mencaci-makinya apalagi sampai memukul atau menyiksanya. Luruskanlah dengan seindah-indah ungkapan dan setepat-tepat tindakan, semoga ia makin menyenangkan & mempesonamu.


Kelima,

nafkahilah istrimu itu dengan penghasilan yang halal, dan nafkahilah kebutuhan batinnya dengan penuh cinta berdasar adab-adab yang indah sebagaimana diajarkan agama kita.


Keenam,

jangan sungkan mencium mesra, merayunya dan membisikan kata-kata cinta kepadanya. Sungguh ungkapan cinta yang tulus dari sang suami itu lebih menyegarkan batinnya daripada pemberian yang lain.


Ketujuh,

doakanlah kebaikan, keberkahan dan ampunan untuk istrimu. Jauhilah melaknat, menyumpah atau mendoa-doakan yang buruk untuknya.


Semoga catatan ringan ini ada manfaatnya untukku dan untuk yang mau mengambil manfaatnya.


Wa Shallallahu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

بَارَكَ اللَّهُ فِيْكُمْ

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com