SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Doa Malaikat Jibril Menjelang Ramadhan


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
6 years ago

Penulis: Ibnu Mukhtar -hafidzahullah-





Segala puji hanyalah milik اللّـﮧ. Sholawat dan salam untuk Rasulullah, istri-istri & keluarganya serta untuk seluruh sahabatnya, Amma ba'du!





Saudaraku seIslam yang saya muliakan, biasanya menjelang bulan Ramadhan banyak beredar HADITS PALSU / HADITS DUSTA ATAS NAMA NABI KITA tentang doa malaikat Jibril berikut :





Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:





1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orangtuanya (jika masih ada)





2) Tidak berma’afan terlebih dahulu antara suami istri





3) Tidak berma’afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya

 

Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengatakan Aamiin sebanyak 3 kali.

 

Apa yang tersebut itu adalah KEDUSTAAN YANG NYATA atas Nama Nabi kita. Tidak ada satu pun ulama Hadits yang mengenal ungkapan diatas sebagai HADITS Nabi. Tidak ada Sanadnya dan tidak ada sumber kitabnya yang bisa dirujuk untuk diperiksa keabsahannya.





Dengan demikian penulis dan penyebarnya termasuk orang-orang yang disabdakan Nabi berikut :





Al-Mughiroh ~radhiyallahu anhu~ berkata: "Saya mendengar Rasulullah ~Shallallahu ‘alaihi wasallam~ bersabda:





إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ





“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta atas nama orang lain. Maka barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari api Neraka.” [HR. Al-Bukhori ~rohimahulloh~ dalam shohihnya No.1209 dan Muslim ~rohimahulloh~ dalam shohihnya No.4)





Adapun doa malaikat Jibril mengenai Ramadhan yang bersumber dari hadits Nabi dan dinilai sah haditsnya adalah sebagai berikut : 





Dari Malik bin al-Hasan bin al-Huwairits, dari bapaknya dari kakeknya rodhiyallohu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah ~Shallallahu ‘alaihi wa sallam~ naik mimbar, manakala menginjak anak tangga mimbar yang pertama, beliau berkata, ‘Aamiin’. Kemudian beliau menginjak anak tangga mimbar yang kedua dan berkata, ‘Aamiin’. Kemudian beliau menginjak anak tangga yang ketiga dan berkata, ‘Aamiin’. Kemudian beliau bersabda :





( أَتَانِيْ جِبْرِيْلُ فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ مَنْ أَدْرَكَ رَمَضَانَ فَلَمْ يُغْفَرْ لَهُ فَأَبْعَدَهُ اللهُ فَقُلْتُ : آمين قَالَ : وَ مَنْ أَدْرَكَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدَهُمَا فَدَخَلَ النَّارَ فَأَبْعَدَهُ اللهُ فَقُلْتُ : آمين فَقَالَ : وَ مَنْ ذُكِرْتَ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيْكَ فَأَبْعَدَهُ اللهُ فَقُلْتُ : آمين )





“Jibril ‘alaihis-salaam mendatangiku dan berkata, ‘Wahai Muhammad, barangsiapa yang mendapatkan Ramadhan lalu dia tidak diampuni Allah maka semoga Allah menjauhkan orang tersebut dari rahmat-Nya’. Maka aku mengatakan, ‘Aamiin’. Dan beliau (Jibril ‘alaihis salaam) berkata, ‘Barangsiapa yang mendapati kedua orangtuanya atau salah seorang dari keduanya lalu masuk neraka maka semoga Allah menjauhkan orang tersebut dari rahmat-Nya’. Maka aku mengatakan, ‘Aamiin’. Dan beliau juga mengatakan, ‘Barangsiapa namamu disebut di sisinya lalu ia tidak bershalawat kepadamu maka semoga Allah menjauhkan orang tersebut dari rahmat-Nya’. Maka aku mengatakan, ‘Aamiin’.





[HR. Ibnu Hibban ~rohimahulloh~ dalam shohihnya no. 409, Syaikh Al Albani rohimahulloh menilai hadits ini ‘Shohih lighoirihi’ dalam Shohiihut Targhiib wat Tarhiib no. 996]





Demikian dapat disampaikan.





Semoga اللّـﮧ melindungi kita dari berdusta atas nama-Nya dan nama Rasul-Nya, dan semoga Dia menjadikan kita termasuk hamba-hambaNya yang selamat di dunia dan di akhirat kelak





آميــــــــــــــــــــن يَا رَبَّ العَالَمِينْ





و صلّى اللّـﮧ و سلّم على نـــبيّنا محمّد





2 Sya'ban 1435H / 31 Mei 2014

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com