SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Nasehat Para Ulama Tentang Menasehati Secara Rahasia


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
6 years ago

☑ Al-Imam Ibnu Hibban rahimahullah (wafat tahun 354 H) berkata:
“Nasehat itu merupakan kewajiban manusia semuanya, sebagaimana telah kami sebutkan sebelum ini,

tetapi dalam teknik penyampaiannya haruslah dengan secara rahasia, tidak boleh tidak,

karena barangsiapa yang menasehati saudaranya dihadapan orang lain, maka berarti dia telah mencelanya,

dan barangsiapa yang menasehatinya secara rahasia, maka berarti dia telah memperbaikinya.

Sesungguhnya penyampaian dengan penuh perhatian kepada saudaranya sesama muslim adalah kritik yang membangun,

lebih besar kemungkinannya untuk diterima dibandingkan penyampaian dengan maksud mencelanya.”

Kemudian Al-Imam Ibnu Hibban rahimahullah menyebutkan dengan sanadnya sampai kepada Sufyan, ia berkata:

“Saya berkata kepada Mis’ar,
“Apakah engkau suka apabila ada orang lain memberitahumu akan kekurangan-kekuranganmu?”

Maka ia berkata, “Apabila yang datang adalah orang yang memberitahukan kekurangan-kekuranganku dengan cara menjelek-jelekkanku,

maka saya tidak senang, tetapi apabila yang datang kepadaku adalah seorang pemberi nasehat, maka saya senang.”

Kemudian Imam Ibnu Hibban berkata bahwa Muhammad bin Said Al-Qazzaz telah memberitahukan kepada kami,

Muhammad bin Manshur telah menceritakan kepada kami, Ali Ibnul Madini telah menceritakan kepadaku, dari Sufyan,

ia berkata: Thalhah datang menemui Abdul Jabbar bin Wail, dan disitu banyak terdapat orang,

maka ia berbicara dengan Abdul Jabbar menyampaikan sesuatu dengan rahasia, kemudian setelah itu beliau pergi.

Maka Abdul Jabbar bin Wail berkata,

“Apakah kalian tahu apa yang ia katakan tadi kepadaku?
ia berkata, ‘Saya melihatmu ketika engkau sedang shalat kemarin sempat melirik ke arah lain’.”

Abu Hatim (Imam Ibnu Hibban) rahimahullah berkata:
”Nasehat apabila dilaksanakan seperti apa yang telah kami sebutkan, akan melanggengkan kasih sayang, dan menyebabkan terealisasinya hak ukhuwah.”
(Raudhatul ‘Uqala wa Nuzhatul Fudhala, hal. 328-329)

•••

☑ Al Imam Abu Muhammad Ali bin Ahmad bin Said Ibnu Hazm rahimahullah (wafat tahun 456 H) berkata:
”Maka wajib atas seseorang untuk selalu memberi nasehat, baik yang diberi nasehat itu suka ataupun benci, tersinggung atau tidak tersinggung.

Apabila engkau memberi nasehat, maka nasehatilah secara rahasia, jangan dihadapan orang lain,

dan cukup dengan memberi isyarat tanpa terus terang secara lansung, kecuali apabila orang yang dinasehati tidak memahami isyaratmu, maka harus secara terus terang.

Jika engkau melampaui adab-adab tadi, maka engkau orang yang zalim, bukan pemberi nasehat,

dan gila ketaatan serta gila kekuasaan, bukan pemberi amanat dan pelaksana hak ukhuwah.

Ini bukanlah termasuk hukum akal dan hukum persahabatan, melainkan hukum rimba, seperti seorang penguasa dengan rakyatnya, dan tuan dengan hamba sahayanya.”
(Al Akhlak wa As Siyar fi Mudaawaati An Nufus, hal. 45)

•••

☑ Imam Ibnu Rajab rahimahullah (wafat tahun 795 H) berkata:
”Al Fudhail (wafat tahun 187 H) berkata,
“Seorang mu’min menutup (aib saudaranya) dan menasehatinya sedangkan seorang fajir (pelaku maksiat) membocorkan (aib saudaranya) dan memburuk-burukkan.”

Apa yang disebutkan oleh Al Fudhail ini merupakan ciri antara nasehat dan memburuk-burukkan.

Yaitu bahwa nasehat itu dengan secara rahasia, sedangkan menjelek-jelekkan itu ditandai dengan penyiaran.

Sebagaimana dikatakan, “Barangsiapa mengingatkan saudaranya di tengah-tengah orang banyak, maka ia telah menjelek-jelekkannya.”

Begitulah kurang lebih maknanya.

Dan orang-orang salaf membenci amar ma’ruf nahi munkar secara terang-terangan, mereka suka kalau dilakukan secara rahasia antara yang menasehati dengan yang dinasehati,

dan ini merupakan ciri nasehat yang murni dan ikhlas karena si penasehat tidak mempunyai tujuan untuk menyebarluaskan aib-aib orang yang dinasehatinya, ia hanya mempunyai tujuan menghilangkan kesalahan yang dilakukannya.

Sedangkan menyebarluaskan dan menampakkan aib-aib orang lain, maka hal tersebut termasuk yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya.

Allah berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka adzab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kalian tidak mengetahui.” (Surat An-Nuur : 19)

Dan hadits-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan menutup aib seorang muslim tidak terhitung banyaknya.”
(Al Farqu baina An Nashihah wa At Ta’yiir, hal. 28-29)

•••

☑ Ada sebuah syair yang dinisbahkan kepada Imam Syafi’i rahimahullah (204 H), syair itu berbunyi:
“Hendaklah engkau sengaja mendatangiku untuk memberi nasehat ketika aku sendirian

Hindarilah memberikan nasehat kepadaku di tengah khalayak ramai

Karena sesungguhnya memberi nasehat di hadapan banyak orang

sama saja dengan memburuk-burukkan, saya tidak suka mendengarnya

Jika engkau menyalahi saya dan tidak mengikuti ucapanku

Maka jangalah engkau kaget apabila nasehatmu tidak ditaati.”
(Diwan Asy Syafi’i, hal. 56)

•••

☑ Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:
“Perlu diketahui bahwa nasehat itu adalah pembicaraan yang dilakukan secara rahasia antaramu dengannya,

karena apabila engkau menasehatinya secara rahasia dengan empat mata, maka sangat membekas pada dirinya, dan dia tahu bahwa engkau pemberi nasehat,

tetapi apabila engkau bicarakan dia di hadapan orang banyak,

maka besar kemungkinan bangkit kesombongannya yang menyebabkan ia berbuat dosa dengan tidak menerima nasehat,

dan mungkin pula ia menyangka bahwa engkau hanya ingin balas dendam dan mendiskreditkannya serta untuk menjatuhkan kedudukannya di mata manusia sehingga ia tidak menerima isi nasehat tersebut.

Tetapi apabila dilakukan secara rahasia antara kamu dan dia berdua, maka nasehatmu itu amat berarti baginya, dan dia akan menerima darimu.”
(Syarah Riyadhus Shalihin, juz 4 hal. 483)

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com