SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sifat Tangan bagi Allah


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
7 years ago

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,ustadz benarkah hadist riwayat Muslim yang menyatakan jika tangan Allah keduanya ada di kanan ini? Dari Abdullah bin ‘Amr رضي الله عنه ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang adil di sisi Allah عزوجل (pada hari kiamat) di atas mimbar-mimbar dari nur (cahaya) di sebelah kanan Ar Rahman عزوجل dan kedua tangan-Nya adalah kanan. Yaitu orang-orang yang berlaku adil di dalam hukum mereka, dan pada kelaurga mereka, dan pada apa yang mereka pimpin”. (Hadits shahih riwayat Muslim no 1827 dan Nasaa-i no 5379 dan yang selain dari keduanya).



Jawaban:

Allah memiliki dua tangan yang mulia tidak serupa dengan tangan makhluk. Kemudian kedua tangan Allah tersebut tidak ada cacat sedikitpun. Maka oleh sebab itu disebutkan dalam hadits bahwa kedua tangan-Nya adalah kanan. Tapi tidak berarti bahwa kedua tangan Allah berada dibagian kanan.



Tapi disebutkan kedua tangan Allah kanan adalah agar tidak diyakini pada salah satu tangan Allah ada kekurangan dan kelemahan. Mari kita simak penjelasannya berikut ini,



عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما؛ قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: « إن المقسطين عند الله يوم القيامة على منابر من نور عن يمين الرحمن عز وجل، وكلتا يديه يمين». رواه مسلم



Dari Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash radhiallahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



“Sesungguhnya orang-orang yang adil disisi Allah pada hari kiamat di atas mimbar terbuat dari cahaya di sebelah kanan Allah, dan kedua tangan-Nya adalah kanan.”Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah, “Para ulama berkata: Tatkala sifat-sifat makhluk menggandung kekurangan, maka tangan kiri mereka lebih lemah dalam kekuatan dan perbuatan,ketika tangan kiri dipergunakan untuk hal-hal yang hina seperti memegang najis dan kotoran. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa kedua tangan Allah penuh berkah, tidak ada sedikitpun memiliki kekurangan dan cacat dalam segala segi. Sebagaimana halnya sifat-sifat makhluk. Sekalipun yang paling mulia dinatara keduanya adalah yang kanan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Adam berkata,



‘Aku memilih tangan kanan Allah dan kedua tangan Allah kanan yang penuh berkah’[2]. Maka sesungguhnya tidak ada kekurangan dalam segala sifat Allah juga tidak ada celaan dalam segala perbuatan-Nya. Akan tetapi perbuatan Allah adakalanya karunia (keutaman) dan adakalanya keadilan.



Sebagaimana yang terdapat dalam shahih Bukhari dan Muslim dari Abu Musa al Asy’ari radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Tangan kanan Allah penuh (rahmat dan nikmat), tidak pernah terkurangi oleh pemberian sepanjang malam dan siang. Apakah kalian (tidak) perhatikan apa yang diberikan-Nya semenjak Ia ciptakan langit dan bumi, tidak pernah mengurangi apa yang di tangan kanan-Nya. Dan timbangan keadilan di tangan-Nya yang lain ada, Ia naikkan dan Ia turunkan“.



Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa karunia (keutamaan) di tangan kanan Allah dan keadilan di tangan yang lainnya. Dan sudah dimaklumi bahwa kedua tangan Allah adalah kanan (mulia), maka karunia (kemulian) lebih tinggi dari sifat keadilan. Maka segala bentuk rahmat yang diberikan Allah adalah karunia dari-Nya. Dan segala bentuk azab yang datang dari Allah adalah bentuk keadilan dari-nya. Maka rahmat lebih baik daripada azab.



Oleh karena itu orang-orang yang berlaku adil berada di atas mimbar tebuat dari cahaya di sebelah kanan Allah, dan mereka tidak diletakkan di sebelah tangan Allah yang lain. Allah meletakkan mereka di sebelah kanan-Nya adalah sebagai kemulian untuk mereka. Sebagaimana Allah memberikan kemulian dalam Alquran terhadap golongan kanan di atas golongan kiri. Dan mereka golongan kiri di azab berdasarkan keadilan-Nya. Demikian pula terdapat dalam berbagai hadits dan atsar menyebutkan bahwa orang pada genggaman kanan adalah penghuni surga dan orang pada genggaman yang lain adalah penghuni neraka.”
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com