SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Palsu Tentang Wanita Hamil dan Menyusui, Bag. 1 (Ust. M. Wasitho Abu Fawaz, Lc)


Defi Ummu Abdirrahman
Defi Ummu Abdirrahman
7 years ago


HADITS PERTAMA:
(Teks asli hadits dapat dibaca di link berikut ini: http://abufawaz.wordpress.com)

Imam Ath-Thobroni rahimahullah berkata: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abi Zur’ah, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Hisyam bin ‘Ammar, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Abu ‘Ammar bin Nushair, dari ‘Amr bin Sa’id Al-Khaulani, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu; Bahwa Salamah seorang wanita yang mengasuh Ibrahim putra Nabi shallallahu alaihi wasallam berkata: “Wahai Rasulullah, (kenapa) engkau selalu memberikan kabar gembira kepada kaum lelaki dengan segala kebaikan, namun engkau tidak pernah memberikan kabar gembira kepada kaum wanita?” Nabi bertanya (kepadanya): “Apakah teman-temanmu memerintahkanmu agar menanyakan hal ini (kepadaku)?” ia jawab: “benar, mereka memerintahkanku (agar menanyakan hal ini kepadamu, pent).” Maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Apakah kamu tidak rela, salah seorang dari kamu, wahai para wanita, bahwa jika ia hamil dari suaminya, sedangkan suaminya ridha padanya, maka ia akan memperoleh pahala, seperti pahala orang yang berpuasa yang sedang berjuang fi sabilillah. Dan jika dia merasa kesakitan (ketika melahirkan), maka ia akan mendapatkan pahala yang penduduk langit dan bumi belum pernah melihat pahala yang disediakan untuknya yang senantiasa menyejukkan pandangan matanya. Dan jika ia melahirkan, maka tiadalah keluar seteguk susunya (asi)yang kemudian anaknya menghisap susunya itu, melainkan setiap tetesan susunya tersebut akan berpahala satu kebaikan. Dan jika ia tidak dapat tidur semalam suntuk (karena anaknya), maka baginya pahala seperti memerdekakan 70 hamba sahaya dijalan Allah dengan penuh keikhlasan.”. (lalu Nabi bertanya keapadanya, pent); “Wahai Salamah, tahukah engkau, untuk siapakah keutamaan-keutamaan tersebut? Itu semua diperuntukkan bagi para wanita sholihah yang merasa senang dan selalu mentaati suami serta tidak pernah mengingkari kebaikannya.”

TAKHRIJ HADITS:

Hadits ini diriwayatkan oleh Ath-Thobroni di dalam Al-Mu’jam Al-Ausath VII/20 no.6733, dan dia berkata; “Hadits ini tidaklah diriwayatkan dari Nabi kecuali dengan sanad ini saja. Hisyam bin ‘Ammar telah menyendiri dalam meriwayatkannya.”

Hadits ini diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim di dalam Mu’jam Ash-Shohabah no.7049, Ibnu ‘Asakir di dalam Tarikh Dimasyqo XXXXIII/347, Ibnul Jauzi di dalam Al-Maudhu’aat II/274 bab pahala wanita bila hamil dan melahirkan, As-Suyuthi di dalam Al-La-ali’ Al-Mashnu’ah Fi Al-Ahadits Al-Maudhu’ah II/148, dan selainnya.

DERAJAT HADITS:

Hadits ini derjatnya PALSU (Maudhu’). Sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu
Hibban di dalam kitab Al-Majruhin II/68, Ibnul Jauzi di dalam kitab Al-Maudhu’aat II/274, dan syaikh Al-Albani di dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah wa Al-Maudhu’ah V/76.

Syaikh Al-Albani berkata: “Hadits ini Palsu. Tanda-tanda kepalsuannya nampak jelas. Penyakit (sisi cacat) hadits ini ada pada ('Amr bin Sa'I'd) Al-Khaulani.

Imam Adz-Dzahabi berkata tentangnya, “Dia membawakan hadits-hadits palsu.”. (Lihat Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah wa AlMaudhu’ah V/76 no.2055).

PERKATAAN PARA ULAMA HADITS TENTANG PEROWI YANG BERNAMA ‘AMR BIN SA’ID AL-KHAULANI:

Ibnu Hibban berkata tentangnya: “Dia meriwayatkan dari Anas bin Malik sebuah hadits yang palsu, dimana orang yang mempunyai pemahaman yang mendalam tentang ilmu hadits akan dapat mengetahui sisi kepalsuannya. Tidak boleh menyebutkan (riwayat)nya di dalam kitab-kitab apapun kecuali untuk dihukumi oleh orang-orang khusus (yakni para ulama hadits).” (Lihat kitab Al-Majruhin II/68).

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqolani berkata: “Dia seorang yang Dho’if (lemah).” (Lihat Taqrib At-Tahdzib I/422).

Al-‘Uqoily berkata: “Hadits yang diriwayatkannya tidak dapat diperkuat dengan riwayat yang lain.” (Lihat Adh-Dhu’afa’ III/272).

(Bersambung...إِنْ شَاءَ اللّهُ )

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com