SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

MAU LANGSING DAN SEHAT GRATIS? INI TIPS NYA..


Mochamad Nugraha
Mochamad Nugraha
7 years ago

Kesehatan: Diet Efektif dengan Food Combining



Pertanyaan:



Saya saat ini sedang mencari solusi diet, saya tinggi 160 dan berat badan 185. selama ini pakai obat herbal,tapi efeknya selalu BAB/buang air besar…jadi capek dan saya hentikan tanpa hasil.Apakah ada diet yang lainnya? trima kasih atas jawabannya.



Dari: Arief



Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Saudara yang semoga senantiasa dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan.



Mohon koreksinya, apakah benar yang dimaksud adalah TB 160 cm dan BB 185 kg? Ataukah 85 kg? Karena jika BB saudara adalah 85 kg, maka diagnosis secara medis adalah obesitas, sedangkan jika 185 kg, sudah termasuk obesitas morbid, yang sangat dikhawatirkan berdampak pada berbagai masalah kesehatan lainnya.



Mengenai solusi diet yang Saudara cari, terdapat beragam tipe diet yang ditawarkan di media dewasa ini. Namun salah satu yang menurut kami cukup baik untuk dicoba adalah dengan metode Food Combining. Karena pada dasarnya metode ini tidaklah membatasi jenis makanan tertentu, namun mengatur kombinasinya, sehingga sesuai dengan kemampuan dan siklus pencernaan tubuh. Hasil akhirnya diharapkan beban pencernaan lebih ringan, nutrisi dapat terserap sempurna, racun terbuang, dan sisa energi untuk pencernaan dapat disalurkan untuk perbaikan organ tubuh lainnya. Saudara dapat mencari referensi diet tipe ini di berbagai toko buku atau berkonsultasi dengan ahli nutrisi yang berkompeten dalam mengarahkan menjalani diet ini. Selain itu, terdapat beberapa tips untuk Saudara dalam berusaha menurunkan berat badan:



1. Berolahraga. Tidak ada pengganti untuk hal ini, karena manfaatnya yang sangat banyak untuk tubuh, selain menurunkan berat badan. Lari, jogging, renang, maupun fitness (kami anjurkan untuk memilih tempat fitness khusus pria, atau jam khusus pria, sambil tetap menjaga batasan aurat pria), maupun jenis olahraga lain dapat dilakukan, sepanjang dijalani dengan rutin dan tidak cepat bosan.



2. Tetapkan target realistis. Sebagaimana naik itu bertahap, maka turun juga sebaiknya bertahap. Hindari mengharapkan hasil instan, karena jika tidak tercapai, Saudara akan semakin stres dan akibatnya berat badan bertambah. Penurunan 1-2 kg per bulan sudah cukup baik.



3. Persisten dan konsisten. Jika sudah memilih satu jenis diet maupun olahraga yang diyakini baik, jalani dengan tekun dan tidak mudah menyerah, terutama di bulan bulan awal yang sulit, untuk membentuk kebiasaan.



4. Tidak cepat putus asa. Belum berhasil juga? Jangan putus asa, dan koreksi lagi apa yang salah pada program diet Saudara. Jika perlu, mintalah bantuan konsultan nutrisi.



5. Ingat dampak buruknya. Mengingat dampak buruk obesitas, terutama obesitas morbid, seperti penyakit jantung koroner, diabetes, stroke, dan sebagainya, insya Allah dapat memacu Anda untuk lebih semangat menurunkan berat badan.



6. Libatkan teman. Jika sudah menikah, libatkan istri dan mintalah dukungan dan bantuannya. Hal ini dapat membuat Saudara lebih bersemangat.



7. Abaikan komentar negatif tentang Anda jika tidak ada kebenaran di dalamnya.



8. Konsumsi rutin minyak zaitun ekstra virgin, misalnya 2 sdm perhari, terutama sebelum makan, insya Allah dapat membuat Anda lebih cepat kenyang, sehingga makan lebih sedikit namun tetap bernutrisi.



9. Tidak boleh tidak, memperbanyak doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar Anda dimudahkan dalam segala urusan dan memiliki kesehatan yang sempurna. Jangan pernah bersandar pada diri Anda, namun bertawakkal hanya kepada-Nya.

Allahu Ta’ala a’lam, semoga ada manfaatnya,



Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Dijwab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)



http://www.konsultasisyariah.com/kesehatan-diet-efektif-dengan-food-combining/
jana
jana
6 years ago

Diet yang benar!



produk herbalife Indonesia grosir tas murah
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com