SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Penetapan Tanggal 1 Dzulhijjah 1434 H Dan Hari Raya Idul Adha 1434 H


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
6 years ago

•» Penetapan Tanggal 1 DZULHIJJAH 1434 H Dan Hari Raya IDUL ADHA 1434 H

Alhamdulillah, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Dzulhijjah 1434 H jatuh pada Ahad, 6 Oktober 2013 M. Penetapan ini secara otomatis menegaskan bahwa hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada hari Selasa, 15 Oktober 2013 M.

Keputusan tersebut disepakati dalam Sidang Itsbat Awal Dzulhijjah 1434 H yang diselenggarakan Kemenag RI di Jakarta, Sabtu (5/10) setelah menerima laporan dari beberapa titik pemantauan hilal (rukyatul hilal) di Indonesia.

Hal ini didasarkan hisab yang menyatakan ketinggian hilal lebih dari dua derajat, sudut elongasi lebih dari tiga derajat, dan umur bulan lebih dari delapan jam, serta laporan tim rukyat yang berhasil melihat hilal.

•» Catatan:

1. Penentuan awal Dzulhijjah berdasarkan rukyah al-hilal di masing2 negara sbagaimana penentuan awal dan akhir Ramadhan stiap tahunnya.

2. Bagi seseorang yg berniat qurban dan memasuki bulan Dzulhijjah, maka hendaklah ia tdk memotong/mengambil rambut, kuku atau kulitnya sampai ia menyembelih hewan qurbannya.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam yg bersumber dari Ummu Salamah, "Jika kamu melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang diantara kamu ingin berqurban, maka hendaklah ia menahan dari dari (memotong) rambut dan kukunya.". (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain, "Maka janganlah ia mengambil sesuatu dr rambut atau kukunya shg ia berqurban." (HR. Muslim)

3. Disunnahkan memperbanyak berpuasa sejak tgl 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah. Berdasarkan riwayat yg menyatakan, "“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya (hijriyah), ...” (HR. Abu Daud dan. Dishahihkan al-Albani dlm shahih abi dawud.)

Demikian informasi yg dpt kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Wallaahu a'lam.

[BB Abu Farwa al-Hakim. Dirilis dari beberapa sumber]

#Dibroadcast oleh : Ustadz Kholid Syamhudi, Lc

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com