SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Menghadiri Perayaan Maulid Nabi


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
7 years ago

Pertanyaan:
Bolehkah seseorang menghadiri perayaan yang bid’ah seperti perayaan maulid nabi, isro’ mi’roj, malam nishfu sya’ban, namun ia tidak meyakini bahwa perayaan-perayaan tadi disyari’atkan, ia cuma bertujuan menjelaskan kebenaran?

Jawaban:
Pertama, perayaan yang disebutkan dalam pertanyaan di atas adalah perayaan yang tidak boleh dirayakan bahkan perayaan yang bid’ah yang mungkar.

Kedua, jika memang kita bermaksud untuk menghadiri perayaan-perayaan tersebut dalam rangka menasehati dan mengingatkan bahwa perayaan tersebut termasuk bid’ah (perkara yang diada-adakan dalam agama), maka itu adalah suatu hal yang disyari’atkan, lebih-lebih lagi jika yakin memiliki argumen yang kuat dan yakin selamat dari fitnah.

Namun jika menghadirinya tidak dalam rangka demikian, hanya bersenang-senang saja, maka seperti itu tidak dibolehkan karena termasuk dalam berserikat dengan mereka dalam hal yang mungkar dan malah menambah tersebar serta semakin meriahnya bid’ah mereka.

Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa aalihi wa shohbihi wa sallam

Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ no. 6524, 3/38

Fatwa ini ditandatangani oleh:
Ketua: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz
Wakil Ketua: Syaikh ‘Abdur Rozaq ‘Afifi
Anggota: Syaikh ‘Abdullah bin Ghudayan, Syaikh ‘Abdullah bin Qu’ud

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel www.muslim.or.id

Riska
Riska
6 years ago

ApAkah tidak ada jenis bid'Ah ustad?
iif
iif
6 years ago

Klo menurut saya itu sih tergantung dari individu masing2,karena bid'ah itu ada 2 macam,ada bid'ah hasanah,dan bid'ah dholalah,klo menurut saya merayakan maulid nabi trmasuk bid'ah hasanah..dg tujuan untuk syiar islam jg, kan...?
riyant
riyant
6 years ago

Bisa lebih jelas lg tida,menurut saya perayaan maulid nabi itu sangat bagus,dan patut sebagai umat islam kita merayakannya karna kit menghormati dan menjungjung tinggi nabi kita muhammad SAW,apa kita tida boleh mengagunggkan nabi kita sendiri..dari jawaban ini saya sangat tida setuju..
danang panji kumoro
danang panji kumoro
6 years ago

ass. klau menurut saya untuk iif bid`ah tidah ada yg hasanah hadist nabi sangat jelas sekli n shahih kullu bidatin dholalah wa kulla dholalatin finnar . sedangkan untuk perayaan qta sebgai umas islam yg haqiqi tdk ada perayaan perayaan dalam islam klau ada sudah zaman sahabat sudah ada contoh sedangan pada zaman skrng banyak sekli yg mencampur adukkan agama dengan adat
henry budiyana
henry budiyana
6 years ago

Kalo memang bid'ah itu ada yg hasanah, ada gak contoh bid'ah yg dolalah?
karimah
karimah
6 years ago

assalamaulaikum antum semua. tidak ada yg namanya bid'h hasanah. sedangkan mulid nabi, udah jelas tidak ada contohnya dari Rasulullah. klw ada, pasti udah dilakukan oleh para sahabat, para tabi'n paratabi'un tabi'in, danpara imam 4.
fadlih
fadlih
6 years ago

baik menurut siapa yaa? kalo baik mnurut Alloh &rosulNya, tp knapa ya para sahabat ga melakukan ini?



kalo.memang bidah hasanah ini ada, saya orang pertama yg bakalan adzan mulay jam2 sampe jam 4 selang waktu 10 menit, untuk membangunkan orang2 agar sholat tahajjud. bukankah rosul kita blm pernah meninggalkan sholat malam? jadi sangat baik banget to kalo sya adzan utk bangunkan org2??
fadlih
fadlih
6 years ago

jk
Mochamad Nugraha
Mochamad Nugraha
6 years ago

"Iif"

"Menurut Saya???!!" Antum siapa ?? Ulama?? Mujtahid?? koq bisa2nya bilang "Menurut Saya" menentukan Syariat ini ? memang agama islam ini agama yang bisa dilakukan dengan "Menurut Saya" ??? Allahu Yahdiik..Allahu Yahdiik...
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com