SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

WAKTU TERLARANG UNTUK TIDUR (Ustadz Adussalam Busyro, Lc)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
7 years ago

Pertanyaan :

Dari BBG Al Ilmu 180:
Assalamu'alaykum, mohon bantuannya u/ mdptkan ilmu ttg waktu tidur yg dilarang dlm Islam dgn dalil/contoh, Jazaakalloh khoir

Jawaban Oleh Ustadz Abdussalam Busyro, Lc

وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Berikut ini adalah waktu dimana seseorang dilarang utk tidur, yaitu:

1.Tidur Pagi Setelah Shalat Shubuh

Ibnul-Qayyim telah berkata tentang keutamaan awal hari dan makruhnya menyia-nyiakan waktu dengan tidur, dimana beliau berkata :

“Termasuk hal yang makruh bagi mereka – yaitu orang shalih – adalah tidur antara shalat shubuh dengan terbitnya matahari, karena waktu itu adalah waktu yang sangat berharga sekali. Terdapat kebiasaan yang menarik dan agung sekali mengenai pemanfaatan waktu tersebut dari orang-orang shalih, sampai-sampai walaupun mereka berjalan sepanjang malam mereka tidak toleransi untuk istirahat pada waktu tersebut hingga matahari terbit. Karena ia adalah awal hari dan sekaligus sebagai kuncinya. Ia merupakan waktu turunnya rizki, adanya pembagian, turunnya keberkahan, dan darinya hari itu bergulir dan mengembalikan segala kejadian hari itu atas kejadian saat yang mahal tersebut. Maka seyogyanya tidurnya pada saat seperti itu seperti tidurnya orang yang terpaksa” (Madaarijus-Saalikiin 1/459)

2. Tidur Sebelum Shalat Isya’

Diriwayatkan dari Abu Barzah radlyallaahu ‘anhu : ”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat Isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 dan Muslim 647)

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com