SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

SIKAP BIJAK DALAM MENEGAKKAN AMAR MARUF DAN NAHI MUNGKAR (Ustadz Muhammad Wasitho, MA)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
8 years ago

Pertanyaan :



Assalamu'alaikum Ustadz, di grup ana baru saja ada orang yg mau belajar sunnah..apakah boleh jika ana posting misalnya ttg haramnya musik di grup ana? Jazaakallahu khairan.



Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, MA :

(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 369)



وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah. Di antara prinsip-prinsip dakwah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah "Taqdiimul Aham 'Alal Muhim" (mendahulukan perkara yg paling penting dari perkara-perkara-perkara (agama) yg penting", atau dengan kata lain memperhatikan skala prioritas dlm berdakwah kpd agama Allah.



Berdasarkan prinsip ini, seorang yg terjun ke medan dakwah haruslah mengerti ttg keadaan obyek dakwahnya. Apakah mereka tergolong muallaf, muslim yg sangat awam, pemula dlm menutut ilmu, ahlul bid'ah, khurofat dan kemusyrikan, ataukah tergolong penuntut ilmu yg telah memahami prinsip2 aqidah dan manhaj ahlus sunnah wal jama'ah? Krn dengan demikian, seorang da'i bisa memberikan resep obat yg sesuai dengan penyakit2 yg menjangkiti mereka, dan dapat menyampaikan ilmu dengan benar dan tepat. Sehingga dakwahnya dpt memberikan pengaruh positif dan menghasilkan buah yg sangat manis dan menggemberikan, insyaAllah.



Diantara prinsip dakwah Nabi pula ialah menggunakan HIKMAH (sikap bijak) dlm berdakwah kpd Allah. Dan termasuk makna hikmah ialah "Al-Muroo'aatu Baina Al-Mashoolihi wa Al-Mafaasidi" (yakni memperhatikan dan mempertimbangkan antara maslahat/kebaikan dan mafsadat/kerusakan/keburukan).



Berdasarkan prinsip ini, janganlah seorang juru dakwah mengingkari sebuah kemungkaran dengan cara yg tidak hikmah spt sikap keras dan frontal, kata2nya tidak sopan dan lembut, yg akibatnya setelah itu terjadi kemungkaran yg lebih besar.



Sebagai contoh:

Obyek dakwah belum paham sunnah dan ada keinginan di dlm hatinya utk mengenal dan mengikuti sunnah, tapi setelah kekeliruannya dlm ibadah atau muamalah diingkari dengan cara kasar dan kata2 yg menyakitkan, akhirnya ia berubah sikap menjadi semakin jauh dari jalan As-Sunnah dan bahkan membenci dan mencela para pengikut dan pembela As-Sunnah.



Memang kami menyadari dan tidak dapat dipungkiri, bahwa berdakwah melalui media spt internet, grup BB dan semisalnya cukup menyulitkan juru dakwah utk mengetahui kapasitas ilmu dan kwalitas agama para members (anggota grup), akan tetapi hendaknya para juru dakwah melalui grup BB dan semisalnya, baik itu narasumber maupun para moderator yg mewakili dan membantu narasumber dlm menshare materi kajian agar berupaya semaksimal mungkin memperhatikan dan mempraktekkan prinsip-prinsip dakwah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sbgmn yg telah kami sebutkan di atas. Janganlah semangat membara kita dlm mengajak kpd yg ma'ruf dan mencegah dari yg mungkar membuat kita tidak bisa kontrol diri dan menginginkan perubahan umat secepatnya, sehingga semangatnya itu tidak dibangun berdasarkan ilmu syar'i yg shohih nan penuh hikmah.



Demikian penjelasan singkat yg dapat kami sampaikan. Smg mudah dipahami, diamalkan, dan menjadi ilmu yg bermanfaat.

Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

(26 Romadhon 1434 / 4 Agustus 2013)
Eunie\'S Re
Eunie\'S Re
8 years ago

bermanfaat sekali...subhanallah
wan mohd irman bin zulkifli
wan mohd irman bin zulkifli
7 years ago

subhanallah
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com