SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

HUKUM ZAKAT FITRAH BAGI ORANG YANG TIDAK PUASA ROMADHON DENGAN SENGAJA TANPA ALASAN SYAR-I (Ustadz Muhammad Wasitho, MA)


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
7 years ago

Pertanyaan :


Assalamu'alaikum.

Ustadz, ma'af saya mau tanya;

Apakah seorang pemuda/i yg sengaja tidak puasa di bulan Ramadhan tanpa alasan syar'i spt safar atau sakit wajib membayar zakat fitrah? Mohon penjelasannya.

Jazakumullah khairon.


Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, MA :

(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 368)


وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah. Seseorang yg dengan sengaja meninggalkan kewajiban puasa Romadhon tanpa adanya udzur (alasan) syar'i tetap DIWAJIBKAN baginya utk membayar Zakat Fitrah. Karena Zakat Fitrah merupakan ibadah yg berdiri sendiri yg telah diwajibkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam atas setiap individu muslim, laki2 maupun perempuan, tua maupun muda (dewasa maupun anak2) sbgmn disebutkan didlm hadits shohih yg diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Ibnu Umar radhiyallahu anhuma. Dan ia juga termasuk dari golongan kaum muslimin secara umum.


Dan yg wajib dilakukan oleh orang tsb yg dengan sengaja tidak puasa di bulan Romadhon adalah segera bertaubat kpd Allah Ta'ala dengan taubat Nasuha, karena perbuatannya itu termasuk dosa besar. Bahkan dosanya itu lebih besar drpd dosa zina, mabuk, mencuri dan memungut pajak. Bahkan keIslamannya masih diragukan, sbgmn dikatakan oleh imam Adz-Dzahabi rahimahullah.


Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg mudah dipahami dan menjadi ilmu yg bermanfaat.

Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

(20 Romadhon 1434 / 29 Juli 2013)

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com