SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Celebrity Infotainment,Bolehkah ?


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
8 years ago

Pertanyaan :

Menggibah/ikut membicarakan org kan bagai memakan daging, Hukumnya hanya mendengarkan ghibah bgm dosanya? Mis. Sekedar Menonton infotainment celebrity.



Jawaban:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya,"Tahukah kalian apakah ghibah itu?" Para Sahabat menjawab, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu!" Lalu beliau melanjutkan, "Yaitu kamu menceritakan saudaramu tentang hal-hal yang (apabila diketahuinya) tidak disukainya." Lalu seseorang bertanya, "Bagaimana kalau yang diceritakan itu memang sesuai dengan kenyataannya?" Beliau menjawab, "Bila apa yang kamu ceritakan itu ada pada saudaramu, maka kamu telah melakukan ghibah terhadapnya. Dan bila apa yang kamu ceritakan itu tidak ada pada diri saudaramu, berarti kamu telah mengada-ada tentangnya (memfitnahnya)." [HR. Muslim (no. 2589), Abu Dawud (no. 4874), At-Tirmidzi (no. 1934), Ahmad (2/230), Ad-Darimi (no. 2717)].



"Wahai sekalian org yg berislam dgn lisannya, namun blm sampai ke dlm hatinya, jgnlah kalian menyakiti & mcela kaum muslimin; jgnlah kalian mcari2 aurat (aib) mrk, krn ssungguhnya brgsiapa yg mcari2 & mnelusuri aib saudaranya, niscaya Alloh akan mencari2 aibnya. Brgsiapa yg dicari aibnya oleh Alloh, mk Alloh akan membongkar aibnya, walaupun ia di dlm rumahnya". [HR. At-Tirmidziy (2032),dihasankan syaikh Albany]



Dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, dia berkata,

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Di antara kebaikan Islam seseorang ialah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya."

(HR. At-Tirmidzi, no. 2317, dan Ibnu Majah, no. 3976)



Menonton acara tsb (TV) termasuk perbuatan sia-sia dan

mencari tahu aib orang lain.



Walloohua'laamu bish-showwaab.
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com