SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

MUNGKINKAH WANITA YANG MELAKSANAKAN SHOLAT SUBUH DI DALAM RUMAHNYA MERAIH PAHALA SHOLAT SUNNAH ISYROQ?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
7 years ago

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Pertanyaan dari member MHA 34 (Majlis Hadits Akhwat, pent-), أستاذ
Orang yang berhak mendapatkan pahala sholat Isyroq adalah orang yang mengerjakan sholat Subuh berjamaah di masjid, lalu ia duduk (tidak keluar dari masjid) untuk berdzikir kpd Allah, membaca Al-Quran, atau menyampaikan dan mendengarkan kajian Islam hingga matahari terbit. Dan keutamaan ini berlaku bagi laki-laki dan wanita. Tetapi sholatnya wanita muslimah di dlm rumah itu lebih utama dan lebih besar pahalanya. Pertanyaan : apakah seorang wanita jika melakukannya dirumah sampai matahari terbit kemudian sholat Isroq juga mendapatkan pahala yang sama dgn laki2 yg melakukannya di mesjid ?
بَـارَكَ اللَّهُ فِـيْـك

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, LC, MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 321)

Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
Bismillah. Seorang wanita muslimah yg mengerjakan sholat Subuh di dlm rumahnya juga bisa mendapatkan pahala seperti pahala Haji dan Umroh secara sempurna jika ia senantiasa berdzikir kpd Allah di musholla (tempat sholat) di dlm rumahnya hingga matahari terbit dan naik setinggi 1 tombak. Baik itu ia berdzikir kpd Allah dengan baca Al-Qur'an, doa dan dzikir atau selainnya dari macam2 dzikrullah. Karena untuk mendapatkan pahala sholat sunnah Isyroq tsb disyaratkan hal2 berikut ini:

1. Sholat Subuh berjama'ah di masjid atau mushollah atau selainnya, kecuali wanita muslimah dibolehkan sholat sendirian di musholla rumahnya jika memang tidak ada wanita lain dari keluarganya yg menemaninya sholat berjama'ah.

Akan tetapi akan menjadi lebih utama jika wanita muslimah melaksanakan sholat Subuh berjama'ah di dlm musholla rumahnya bersama wanita2 lain dari anggota keluarganya jika memang ada. Karena sholat berjamaah bagi wanita muslimah hukumnya sunnah, sbgmn pendapat mayoritas ulama.

2. Senantiasa melakukan Dzikrullah dari selesai sholat Subuh hingga matahari terbit dan naik setinggi 1 tombak atau sekitar 10 atau 15 menit setelahnya.

3. Melakukan sholat sunnah Isyroq 2 rokaat pd awal waktu sholat Dhuha.

Ath-Thiibi berkata: "...Lalu ia melaksanakan sholat setelah matahari naik setinggi 1 tombak, sehingga ia keluar dari waktu terlarang utk mengerjakan sholat. Dan sholat (sunnah) ini dinamakan sholat Isyroq, yaitu sholat (sunnah) yg dilaksanakan pada awal waktu sholat Dhuha."

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg mudah dipahami dan menjadi ilmu yg bermanfaat bagi kita semua.
Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

(*) Blog Dakwah Kami:
http://abufawaz.wordpress.com

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com