SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mengingat sesuatu


yoyoy
yoyoy
8 years ago

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Mohon maav sebelumnya jika pertanyaan saya salah. Saya ingin menanyakan apakah ada caranya jika ingin mengingat sesuatu?
Admin Salam Dakwah
Admin Salam Dakwah
8 years ago

Berikut kami copas artikel dari Ust Abu Fawaz MW. Semoga bermanfaat.

Pernahkah kita kehilangan sesuatu yg sangat berharga, atau lupa menyimpannya di tempat mana? Kita sudah berusaha mengingat-ingatnya n mencarinya ke berbagai tempat, n sdh bertanya jg kpd setiap orang yg kita jumpai, tapi ga' ketemu n ga ada yg tau jg. :(

Namun herannya, pas kita sedang asyik (baca: berusaha khusyu') di dlm sholat kita, tiba2 barang berharga itu kita ingat dimana kita menyimpannya. :D

Dan ternyata apa yg sering kita alami ini, pernah disarankan oleh imam Abu Hanifah kpd seseorang yg lupa menyimpan hartanya agar ia mendirikan sholat malam. Berikut ini adalah kisahnya:

(*) Dikisahkan ada seorang lelaki bercerita kepada Abu Hanifah. Ia mengeluh, karena ia menyimpan harta di sebuah tempat, di dalam tanah, tapi ia tidak teringat tempat tersebut. Abu Hanifah tercengung sejenak. Lalu berkata: “Sebenarnya, ini bukan permasalahan Fiqih. Tapi cobalah kamu melakukan sholat malam hingga menjelang terbit Fajar. Insya Allah, kamu akan teringat tempat tersebut.”

Pria itupun menjalankan saran dari Abu Hanifah. Tak sampai seperempat malam saja pria itu sholat, ia sudah teringat lokasi itu. Ia pun datang menemui Abu Hanifah dan mengabarkan kepada beliau apa yang dia alami.

Abu Hanifah berkata: “Aku memang sudah yakin, bahwa setan tidak akan membiarkanmu terus sholat (dengan khusyu') tanpa membuatmu teringat akan lokasi tempat hartamu itu. Tapi, kenapa engkau tidakt terus sholat tadi malam, sebagai tanda syukurmu kepada Allah? :D

(Kisah ini disebutkan oleh imam Ibnul Jauzi di dlm kitab al-Adzkiyaa' hal.67).

(*) Pelajaran yg dapat kita petik dr kisah ini, bahwa setan tidak pernah rela n berhenti menggoda n merusak kekusyu'an orang2 mukmin di dlm sholat mereka. Oleh karenanya, bisa khusyu' di dlm sholat merupakan perkara yg sangat berat bagi hati seorang hamba kecuali mereka yg mengenal Allah dengan baik n benar serta diberi taufiq n kemudahan utk ikhlas n khusyu' dlm beribadah kpda-Nya.

(Semoga Bermanfaat ) :)
-
By: Abu Fawaz MW

yoyoy
yoyoy
8 years ago

Shalat malam, untuk doa'nya apa aja min. Maav saya ga pernah shalat malam
Admin Salam Dakwah
Admin Salam Dakwah
8 years ago

Sholat malam seperti sholat sunnah biasa, dan berdoa sesuai dengan apa yang dikehendaki. Di kala sholat malam, perbanyak membaca doa dan berdzikir, dengan dzikir-dzikir yang ada tuntunannya dari Rosululloh. Semoga Allah memudahkan.
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com