SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

HUKUM ZIARAH KUBUR KETIKA MUDIK KE KAMPUNG HALAMAN



10 years ago

Pertanyaan:



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dalam waktu dekat kami berencana liburan ke kampung halaman. Jika pada saat liburan tsb kami melakukan ziarah kubur, apakah termasuk melakukan safar ke kuburan?

Selain mengucapkan salam kpd mereka para penghuni kubur, apakah diperbolehkan berdoa kepada Allah untuk penghuni kubur (misal : memohon ampunan untuknya, memohon diselamatkan dari siksa kubur, dsb.). Jazaakumullah khairan.



Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz :



Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.

Jika memang tujuan utamanya adalah liburan atau mudik ke kampung halaman, kemudian di sela-sela hari libur tsb menyempatkan diri berziarah kuburan, apakah kuburan keluarga atau kaum muslimin secara umum maka yang nampak bagi saya adalah boleh, dan tidak termasuk dalam makna hadits yg melarang melakukan safar (syaddur rihaal) dengan tujuan ibadah. Akan tetapi bagi para wanita muslimah hendaknya tidak memperbanyak ziarah kubur karena terdapat hadits shohih dari Nabi shallallahu alaihi wasallam yg menunjukkan bhwa Allah melaknat para wanita yg sering (banyak) berziarah kubur.



Demikian pula tidak apa-apa hukumnya mendoakan kebaikan dan memohonkan ampunan kpd Allah bagi orang2 mati dari kaum muslimin ketika berada di sisi kuburan setelah mengucapkan salam kpd mereka para penghuni kubur.



Wallahu ta'ala a'lam bish-showab.
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com