SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bid\'ah


miaiskandar
miaiskandar
7 years ago

Apa benar ada bid'ah hasanah
Ahmad Jayid
Ahmad Jayid
7 years ago

Gak benar. Bidah itu sesat, masak sesat ada yg baik (hasanah). *bakal rame nih topik* admin nya kemana nih..
Mochamad Nugraha
Mochamad Nugraha
7 years ago

@ MIaiskandar :

Dalam bahasa arab..kata Bid'ah artinya segala sesuatu yang baru..atau belum pernah ada di jaman Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam..



Helikopter, Mobil, Pesawat Terbang, Komputer..dll..itu adalah Bid'ah..secara bahasa arab..



Tapi..yang dimaksud Bid'ah dalam Hadits "..Wa Kulla bid'atin dholaalah.." adalah SETIAP bid'ah secara makna syariat..yaitu ritual atau tatacara beribadah yang ngga pernah dicontohkan Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam,Sahabat,Tabiin,Tabiut Tabiin ..yang baru diada2kan setelah Rasulullah,Sahabat, Tabiin dan Tabiut TAbiin wafat..dengan mengharapkan pahala dari Ibadah yang diada2kan itu..



PAdahal Rasulullah dan para Sahabat mampu melakukan ibadah itu..tapi ngga Rasulullah ajarkan pada ummatnya..maka itulah ibadah yang bid'ah alias sesat..



Contoh..



Syariat mengatakan shalat witir ganjil..lalu kita tambah2in jadi genap..



Syariat mengatakan Shalawat Nabi harus sesuai contoh dari Rasulullah, tapi orang2 bikin2 shalawat sendiri2..sehingga ada ratusan jenis shalawat yang ngga ada dalilnya dari Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam..



Syariat mengatakan kalau perayaan itu cuma ada 2..Iedul Fitri dan Idul Adha..lalu orang2 mengarang2 jadi ada perayaan Maulid Nabi, perayaan Isra' Mi'raj, Perayaan malam NIsfu Sya'ban..dll..yang semua ibadah itu ngga ada contohnya dari Rasulullah dan Para Sahabat..
canggih anggastana
canggih anggastana
7 years ago

Bidah hasanah itu ibdh yg prnh dlkukan oleh rsul tp ga strusny dlkukan. Cntoh slt trwih. Mka di galang lg oleh umar untuk syiar islam. Slain tu tk ad sbaik2 bidah
mavelinda
mavelinda
7 years ago

Assalamualaikum, maaf ana bertanya di forum tanya jwb, ana kasih tema bedanya tafsir dan takwil... Mohon diksih jwabannya dong. Ana ingin sekali biSa mengerti
dessyana
dessyana
7 years ago

Berati yg kaya solawat munfarijah itu bid'ah?!! Jelasin min..
mifta amorn
mifta amorn
7 years ago

Maulid bid'ah,, ?? Ciyuus?? 2a1d7e71
tria oktariani
tria oktariani
7 years ago

Bid'ah ya bid'ah... Nggak ada yang namanya bid'ah hasanah
hisyam Musawa
hisyam Musawa
7 years ago

"KULLU BI'DATIN DHOLALAH, KULLU DHOLALAH FINNAR" (Semua bid'ah itu sesat, semua yg sesat itu di Neraka). Kalau redaksi ini dipahami sbg sesuatu yg tanpa pengecualian, artinya, semua bid'ah itu dholalah tdk ada yg hasanah (tanpa pengecualian), konsekuensi logisnya, tdk bs jg dipecah menjadi duniawiyyah dan diniyyah, dong. Itu baru konsiten dgn redaksi hadits tsb. Tapi kalo Ada yg berpendapat berbeda, ya, boleh saja, dong, toh, Mereka jg punya rujukannya. Yg berbahaya itu, hanya membenarkan pendapatnya, dan mengkafirkan yg tdk sependapat dengannya Wallahu a'lam...
Ahmad Jayid
Ahmad Jayid
7 years ago

Ciyus mi Alloh
Ahmad Jayid
Ahmad Jayid
7 years ago

Bib, ente dah nguasain ilmu mustholah hadits atau ilmu2 hadits yg ada? Kok bisa2 nye pake logis ente bib? Emange ente ulama? Baca hadits apa dikira kayak baca dongeng bib? Kalo semua orang islam kayak ente, mikir hadits pake logis ga pake ilmu, ancur syariat islam..
ibrohim
ibrohim
7 years ago

Yang bid'ah kan formulanya aja isnya kan sudah diajarkan Rosulullah saw. Setiap kebaikan akan di ganjar Allah walau sebiji zaroh....Nabi menganjurkan bersolawat kepadanya...,kemudian karena pejuang islam kurang bersemangat saat perang solahudin al ayyubi mengadakan solawat agar kembali bersemangat dan teryata terbukti,kita yg saat ini melakukan maulid hanya ikhtibar sja mudah2an kita semanagtsseperti pejuan islam.
ibrohim
ibrohim
7 years ago

Dan ingat "Man kafaro musliman fahua kafirun" wa qola aidhon almuslimu akhul muslim. Jadi gak perlu di perpanjang masalah seperti ini jika hanya memecah belah kaum muslimin. Masih banyak permasalahan yg lebih krusial dari sekedar persoalan bid'ah. Wassalam Al Faqir...
Admin Salam Dakwah
Admin Salam Dakwah
7 years ago

Pak Ibrohim,



Salah satu pemecah belah kaum muslimin sekaligus melemahkannya adalah bid'ah, bagaimana mungkin Sabda Rosululloh yang jelas mengenai bid'ah antum katakan sekedarnya?

Masalah bid'ah adalah masalah yang sangat krusial, kenapa? karena terancam kafir, ingat ini ancaman bukan vonis.

Wallohualam Bishowab...
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com