SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

AL HAUDH


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
9 years ago

Pertanyaan :



Apakah telaga Al Haudh itu ?



Jawab Oleh Ummu Abdirrahman :



TENTANG HAUDH

Secara syar i (terminologi), makna al haudh adalah telaga air yang turun dari sungai surga pada hari kiamat yang diperuntukkan bagi Nabi shallallahu alaihi wa sallam, sebagaimana yang ditunjukkan oleh hadits-hadits mutawatir dan berdasarkan kesepakatan ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah.

(Lihat Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah, Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas).



Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



“Sesungguhnya aku telah mendahului kalian menuju al-haudh…”

(HR. Bukhari dan Muslim dari sahabat Sahl bin Sa’d).



Telaga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah yang paling besar, paling mulia, paling indah, dan paling banyak pengikutnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang artinya,



“Sesungguhnya setiap Nabi memiliki telaga, mereka membanggakan diri, siapa di antara mereka yang paling banyak peminumnya (pengikutnya). Dan aku berharap, akulah yang paling banyak pengikutnya.”

(HR. Tirmidzi)



Karakteristik Telaga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam;



•Telaga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah telaga yang paling indah di antara telaga-telaga Nabi lainnya. Dan telaga tersebut diperuntukkan untuk kita, umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.



•Telaga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam airnya lebih putih dari susu. Rasanya lebih manis daripada madu. Lebih harum dari minyak kesturi. Panjangnya sama dengan lebarnya, yaitu satu bulan perjalanan. Gayungnya bagaikan bintang di langit dalam jumlah dan indahnya.



•Telaga Rasulullah memiliki dua saluran yang dihubungkan ke surga, yaitu ke sungai al Kautsar. Barangsiapa yang minum seteguk air darinya, maka tidak akan kehausan lagi selamanya.



Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya,



“Telagaku (panjang dan lebarnya) satu bulan perjalanan, airnya lebih putih daripada susu, aromanya lebih harum daripada kesturi, bejananya sebanyak bintang di langit, siapa yang minum darinya, ia tidak akan merasa haus selamanya.”

(HR.Bukhari)
Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com