SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

HUKUM PEMBUATAN BUKU SURAT YASIN DAN BUKU TAHLIL


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
7 years ago

Pertanyaan :

Bgmana hukum pembuatan buku surat Yasin & tahlil? Apakah itu juga menjurus pd perbuatan bid'ah? Krn pd banyak kalangan org berlomba2 mencetak surat Yasin apabila ada orgtua / anggota keluarga yg meninggal.

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, Lc, MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits)

Bismillah. Membuat buku yg berisi surat Yasin pada dasarnya tidak apa2 (Boleh) jika niat mencetaknya adalah utk dibagikan kpd kaum muslimin atau para penuntut ilmu agar memudahkan mereka menghafalnya. Karena sbgn penerbit mushaf ada yg mencetaknya per Juz Al-Qur'an dlm ukuran buku saku dengan tujuan memudahkan para penuntut ilmu menghafalnya.

Akan tetapi jika seorang muslim/muslimah membuat buku Yasin dengan tujuan utk dibagikan kpd kaum muslimin agar mereka membacanya secara rutin pada setiap malam Jum'at, atau bertepatan dengan hari kematian seseorang, maka hukumnya DILARANG, karena hal tsb termasuk mendukung dan tolong menolong di atas perbuatan bid'ah yg tidak pernah dicontohkan dan diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Allah ta'ala berfirman:

(Walaa Ta'aawanuu 'alal itsmi wal 'udwaan)

Artinya: "Dan janganlah kamu saling tolong menolong diatas perbuatan dosa dan permusuhan." (QS. Al-Maidah)

Demikian pula, mencetak atau membuat buku Tahlil hukumnya DILARANG, karena buku tsb akan dibaca pada hari-hari kematian seseorang, atau waktu yg bertepatan dengan kematiannya. Dan ini semua menyelisihi petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Nabi bersabda yg artinya:
"Sebaik2 petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam."

Dan bersabda pula yg artinya:
"Waspadalah kamu dari perkara baru yg diada-adakan (dlm urusan agama), karena setiap perkara baru (dlm urusan agama) adalah bid'ah, dan setiap bid'ah adalah kesesatan."

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg mudah dipahami dan menjadi ilmu yg bermanfaat.
Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com