SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

BOLEHKAH MENDIDIK DAN MENGASUH ANAK BOS DENGAN CARA (MUROJAAH,DLL) TANPA SEPENGETAHUAN ORANGTUANYA?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
8 years ago

Pertanyaan :



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Apa ana tidak terlalu keras kalo dlm setiap jam 4 sebelum Subuh membangunkan anak2 yang masih berusia 8 tahun, untuk melakukan muroja'ah, dan belajar .. Karena ana takut tidak sependapat dengan bos ana (itu kan anak bos ana), ana melakukan hal ini tanpa sepengetahuan abi dan uminya, maksud ana supaya mrk terbiasa begitu um, dan apa tindakan ana ini tidak terlalu mnkan untuk anak2 begitu ?



Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho, Lc, MA :

(Disusun Di BBG Al Illmu)



وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah. Jika anak2 tsb diamanahkan atau dititipkan pendidikan dan pengasuhannya oleh para orgtuanya kpd saudari atau lembaga pendidikan yg saudara mengajar/bekerja di dlmnya, maka kami pandang hal tsb bukan tindakan yg keras dan berlebihan selagi mereka sudah diberi waktu istirahat (tidur) malam yg cukup, dan selagi tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi mereka. Karena mendidik dan melatih anak2 yg belum baligh utk melakukan amal2 ketaatan yg wajib maupun yg sunnah harus dengan cara bertahap dan butuh waktu dan kesabaran.



Saran kami dlm hal ini, hendaknya para pengasuh dan pendidik yg diamanati utk mendidik anak2, agar memberitahukan sejak awal kpd para orgtua atau walinya ttg agenda/jadwal kegiatan harian (selama 24 jam) di lembaga pendidikan tsb. Agar di kemudian hari tidak ada komplain dari para orgtua/wali murid.



Dan saran kami yg lain, hendaknya melatih anak2 yg belum baligh dengan amalan2 dan pelajaran2 yg tidak melebihi batas kemampuan mereka.



Wallahu a'lam bish-showab.
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com