SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

REBO WEKASAN BUKAN SYARIAT ISLAM



8 years ago

Pertanyaan :

1. Tanya ttg rabu kasan yg sering diperingati org2 disekitar kita, mereka sering membuat lontong dan dibagikan katanya sbg penolak bala dari bulan Shafar. Hukumnya apa? Ada yg bilang juga puncak dari ketaatan dlm menjalankan sunnah rosul itu bagi laki2 menikah lagi. Betul apa tidak? Mohon penjelasannya.
شكرا جَزَاك اللّهُ خَيْرًا ​

2. Sekarang masuk bulan Shofar yg mana di bulan ini ALLAH menurunkan Musibah.
Maka bacalah:
اللهُمَّ ياكافِيَ البَلاءِ اكْفِنا البَلاءَ قَبْلَ نُزولِهِ مِنَ السماء.
"ALLAHUMMA YAA KAAFIYAL BALAA' IKFINAL BALAA QOBLA NUZUULIHI MINAS SAMAA"
YA ALLAH YA ALLAH YA ALLAH
Sebanyak²nya.
Paling afdholnya pagi hari ketika kita buka pintu..
Apakah ini shohih?

Jawab Oleh Ustadz Wasitho :

Peringatan Rabu atau Rebo Kasan yg biasa dilakukan oleh sebagian kaum muslimin di negeri ini dan negeri2 lainnya pada hari Rabu pekan terakhir dari bulan Shafar adalah peringatan (perayaan) yg tidak ada tuntunannya dalam ajaran agama Islam yg dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
Demikian pula do'a-do'a yg dibaca pada waktu tsb dlm rangka menolak bala' (bahaya) yg mereka yakini bhwa pada hari rabu pekan terakhir dri bulan Shafar Allah menurunkan 320 ribu bencana dan musibah, maka doa2 tsb tidak benar datangnya dari Nabi shallallahu alaihi wasallam. Bahkan jika ditelusuri sumbernya, maka doa tsb atau yg semisalnya berasal dari tarekat2 sufi.
Di samping itu pada hari Rebo kasan terdapat sejumlah amalan2 khusus yg dianjurkan utk diamalkan spt sedekah, sholat sunnah, bacaan wirid dan dzikir2 tertentu yg diada2kan dlm agama Islam. Padahal Allah dan Rasul-Nya tdk prnah mensyariatkannya.
Oleh karena itu, sdh seharusnya bagi kita semua utk menjauhinya dan memperingatkan keluarga dan saudara2 kita seislam agar tidak ikut2an memperingatinya. Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Demikian jawaban saya.
Semoga bermanfaat.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com