SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wajibkah Berhijab di depan Wanita Non Muslim?


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
8 years ago

Bismillah



Pertanyaan:

Bagaimana apabila adawanita non muslim melihat aurat kita sewaktu mengambil air wudhu di toilet Karena toilet umum, jd org non islm pun bisa masuk, bgmana hukumnya?



Jawaban:

Berikut ini terjemah dari tanya jawab agama dengan komite tetap untuk fatwa dan riset ilmiah di Arab Saudi



Pertanyaan:



Apakah wajib berhijab di depan wanita non muslim ataukah dia dipergauli sebagaimana bergaul dengan wanita muslimah?



Jawaban:



Ada dua pendapat di kalangan ahli ilmu. Dan pendapat yang menyatakan tidak wajib berhijab itu lebih kuat, karena itu (berhijab di depan wanita kafir.pent) tidak pernah diriwayatkan dari istri-istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam, dan juga tidak ada riwayat dari selain mereka yang menyatakan begitu ketika mereka berkumpul dengan wanita Yahudi di Madinah dan wanita penyembah berhala.



Seandainya itu terjadi niscaya akan ada riwayat yang menceritakan sebagaimana telah diceritakan peristiwa yang lebih kecil dan jarang terjadi (pertemuan istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan wanita non muslim sering tapi tidak ada riwayat yang menyebutkan bahwa mereka berhijab di depan wanita non-muslim .pent)  Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah 17/286-287



Diantara riwayat shahih yang menyebutkan pertemuan wanita non-muslim dengan istri-istri nabi adalah:

أَنَّ يَهُودِيَّةً دَخَلَتْ عَلَيْهَا فَذَكَرَتْ عَذَابَ الْقَبْرِ فَقَالَتْ لَهَا: أَعَاذَكِ اللهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. فَسَأَلَتْ عَائِشَةُ رَسُول اللهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ عَذَابِ الْقَبْرِ فَقَالَ: نَعَمْ، عَذَابُ الْقَبْرِ حَقٌّ. قَالَتْ عَائِشَةُ: فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ  صلى الله عليه وسلم بَعْدُ صَلَّى صَلَاةً إِلَّا تَعَوَّذَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. أخرجه البخاري رقم 1372 ومسلم رقم 903



 



“Seorang wanita Yahudi masuk (menemui) Aisyah radhiyallahu anha. Wanita Yahudi itu menyebutkan perihal azab kubur. Lantas wanita Yahudi itu berkata kepada Aisyah radhiyallahu anha, ‘Semoga Allah melindungimu dari azab kubur.’ (Setelah peristiwa itu.pent) Aisyah radhiyallahu anha bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam perihal azab kubur. Maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab: ‘Ya. Azab kubur itu benar adanya.’ Aisyah radhiyaallahu anha pun menyatakan, ‘Maka, setelah itu tidaklah aku melihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat kecuali beliau memohon perlindungan dari azab kubur’.



وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم



Sumber Ustadz Muhsin Suadi

BBG AI
Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com