SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mulailah Dari Dirimu Sendiri


Mulyo
Mulyo
8 years ago

Mulailah Dari Dirimu Sendiri

Pada hari Jum'at, sebelum al-Hasan naik mimbar, ia didatangi seorang laki-laki, membisikkan sesuatu di telinganya; "Wahai Imam, berbicaralah tentang keutamaan membebaskan hamba sahaya, dan anjurkanlah mereka untuk melakukannya."

Lalu orang itu berlalu di antara para jama'ah dan mendengarkan khutbah al-Imam, anehnya, al-Hasan tidak berbicara sama sekali tentang masalah pembebasan budak ini.

Pada jum'at berikutnya, datang laki-laki itu kembali untuk mendengarkan khutbah al-Hasan, namun sama seperti Jum'at yang lalu, ia tidak berbicara tentang pembebasan budak.

Jum'at demi Jum'at belalu, ... pada Jum'at ke empat baru al-Hasan berbicara tentang keutamaan pembebasan budak dan menganjurkan jama'ah untuk melakukan hal itu, laki-laki itu sangat heran dengan tindakan al-Hasan.

Al-Hasan menjawab; "Saudaraku tidak layak bagi saya untuk berbicara di hadapan jama'ah, hingga saya berusaha mencari uang, dan pergi ke pasar untuk membeli budak untuk dibebaskan, apa Anda ingin saya masuk dalam daftar yang diperingatkan oleh Allah Ta'ala dalam firman-Nya,

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ [البقرة:٤٤]

"Mengapa kamu menyuruh manusia mengerjakan kebajikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca al-Kitab, maka apakah kamu tidak berpikir." (al-Baqarah: 44)


حياةالاءمة
(Biografi 10 Imam Besar) karya. Syaikh Muhammad al-Jamal

- - - - - - - 〜✽〜 - - - - - - -

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com