SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana Agar Ikhlas dan Sabar ?



7 years ago

Jawab Oleh: Ustadz Wasitho
Masalah ikhlas dan sabar adalah dua amalan ibadah hati yg sangat agung dan besar pahalanya, tapi sangat berat untuk dijalankan kecuali bagi org diRahmati oleh Allah, mengenal-Nya dengan benar melalui ayat2-Nya dan nama2 dan sifat2-Nya yg sangat indah dan Maha Tinggi.

Oleh karena seorang ulama tabi'in Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah:
"Aku tidaklah mengobati sesuatu yg aku rasakan lebih berat/sulit daripd meluruskan (mengikhlaskan) niatku".

Maka dari itu, semakin kita mengenal Allah dengan benar mak semakin lebih mudah utk ikhlas karena-Nya dan takut akan siksaan-Nya serta berharap akan pahala-Nya. Dengan demikian sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk bersungguh menuntut ilmu syar'i, mempelajari perkara2 agama-Nya sbgmana yg telah ditempuh oleh pendahulu kita yg sholih dari para sahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.
Mrk bersemangat menghadiri majlis ilmu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Seorang ulama salaf rahimahullah mengatakan:
"Pertama kali aku memulai perjalanan tholabul ilmi tapi niatku tdk ikhlas (bukan krn Allah) dan tetapi setelah berlalunya waktu dan bertambahnya ilmu, maka ilmu itulah yg dpt meluruskan niatku dan hanya mengharapkan wajah Allah."

Sedangkan masalah Sabar maka hal ini juga sangat berat utk dipraktekkan dlm kehidupan sehari2 kita. Apalagi jika kita sedang diuji oleh Allah dengan berbagi cobaan berat secara bertubi2. Tetapi di dalam Islam yg sangat sempurna syariat-Nya telah diajarkan dijelaskan dg gamblang oleh Nabi kita bgmana seorang muslim bersikap sabar dlm menghadapi cobaan dan gangguan yg menimpa dirinya, keluarganya, hartanya dan agamanya, dan yg terakhir (musibah terhdp agama) adalah yg paling berbahaya. Sebab bisa mengantarkan seseorang kpd kekafiran/ kemurtadan. Na'udzu billah min dzalik.

Makanya diantara doa yg biasa dipanjatkan oleh Nabi adalah:
"Ya Allah janganlah engkau jadikan musibah itu menimpa agama kami, dan jangan pula engkau jadi dunia (dan perhiasannya) sebagai tujuan utama hidup kami..." Dst.

Diantara hal yg membantu kita utk bisa sabar dlm menghadapi cobaan dan gangguan adalah sbb:

1. Mempelajari ilmu akidah tauhid dgn benar,
2. Memperdalam pemahaman dan memperkuat keimanan kita terhdp takdir Allah yg baik maupun yg buruk, krn ujian dan cobaan itu berupa keduanya, sbgmana Firman Allah:
"Dan Kami menguji kalian dgn keburukan dan kebaikan, dan kalian semua akan dikembalikan kpda Kami."
3. Mengetahui fadhilah/keutamaan sabar dan kedudukan orag2 yg sabar disisi Allah.
4. Membaca sejarah para Nabi dan Rasul serta perjalanan hidup org2 sholih yg minute mereka mendapat ujian yg lebih berat dari kita.
5. Bergaul dg org2 yg baik dan suka memberi nasehat dan memperingatkan dari kesalahan dan dosa. Sbgmana dikatakan oleh seorang ulama:
"Saudaramu yg setia adalah orang yg selalu memberitahukan kpdmu kekurangan2mu dan memperingatkanmu dari dosa2".
Dan ini sesuai dg Firman Allah:
"Org2 yg saling mencintai pd hari kiamat kelak sebagian mrk menjadi musuh bagi sebagian yg lain, kecuali org2 yg bertakwa."
Maksudnya berteman krn keimanan dan ketakwaan.
6. Jangan lupa banyak berdoa kpd Allah agar diberi taufiq dan pertolongan utk dpt IKHLAS dan SABAR serta istiqomah dlm menetapi alhaq sampai akhir hayat.
Wallahu a'lam bish showab.
Smg bermanfaat bagi kita semua.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com