SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Shahihkah Hadist Ijab Qobul?


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
8 years ago

Pertanyaan:
Shahih kah hadist ini

Arti dari Ijab Qobul :

''aku terima nikahnya si dia binti ayah si dia dengan Mas Kawinnya ,,,,,,,''
Singkat, padat dan jelas. Tapi tahukan makna "perjanjian/ikrar'' tersebut ?

''maka aku tanggung dosa2nya si dia dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yg telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat. Semua yg berhubungan dgn si dia, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yg menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak2ku''.

Jika aku GAGAL?
''maka aku adalah suami yang fasik, ingkar dan aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku''.
(HR. Muslim)

Duhai para istri,,
Begitu beratnya pengorbanan suamimu terhadapmu, karena saat Ijab terucap, Arsy_Nya berguncang karena beratnya perjanjian yg di buat olehnya di depan Allah, dgn di saksikan para malaikat dan manusia, maka andai saja kau menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu, maka itupun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu....
ﺟﺰﺍﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﻛﻞ ﺧﻴﺮ

Jawaban:
Dijawab oleh :
Ust. Muhammad Wasitha LC. MA

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Setelah sy baca BM ini Dari awal hingga akhir, tampak jelas bg kita bhwa kalimat2 yg tercantum di dlmnya bukan hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam. Dan sy menduga yg menyusunnya dan menisbatkannya kpd imam Muslim secara dusta adalah orang2 yg iseng dan pendusta. Apalagi kalimat (hadits) terakhir yg berbunyi "andai saja kau (yakni istri) menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu, maka itupun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu" adalah hadits yg sangat lemah. Wallahu a'lam bish-showab.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com