SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Walimatussafar


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
8 years ago

Pertanyaan:
Ukhti,bgmn hukumnya jika kita mengadakan walimatussafar ?

Jawaban:
‎​وعليكم السلام ورحمة الله وبركـاته

Walimah itu artinya Pesta, safar itu artinya Perjalanan. Acara ini dhohirnya adalah ajang pamitan bagi jamaah calon Haji yang hendak berangkat ke tanah suci.
Tidak ada tuntunannya dalam islam walimatussafar. Ini hanya sebuah tradisi saja.

Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Iidhaah telah merinci adab-adab safar itu yang antara lain:

1. Pertama, sebelum berangkat meninggalkan rumah dianjurkan untuk shalat dua rakaat dimana pada rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan pada rakaat kedua membaca Al-Ikhlas, kemudian setelah salam membaca ayat Kursi, surat Al-Quraisy, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas yang dilanjutkan dengan berdo’a agar urusannya dimudahkan.

2. Adab safar lain yang disebutkan Imam Nawawi adalah: hendaknya ia mengucapkan wada’ (pamitan) terhadap keluarga, para tetangga dan para teman dekatnya. Tujuannya adalah untuk meminta maaf terhadap mereka dan agar mereka mendo’akannya.

3. Imam Nawawi menyebutkan adab-adab kepulangan dari safar, di antaranya: ketika tiba di rumah dianjurkan agar menuju mesjid terdekat untuk kemudian shalat dua rakaat, dan demikian juga apabila masuk ke rumah dianjurkan untuk shalat dua rakat lalu berdo’a dan memanjatkan rasa syukur kepada Allah swt. Adapun niatnya adalah tanpa perlu mengucapkannya dengan lafal- lafal khusus yang berbahasa Arab, tapi cukup berniat di hati saja tanpa perlu dilafalkan. Jadi shalat dua rakaat sepulang ibadah haji bukanlah sunah haji tetapi bagian dari adab safar saja.

Sumber: Ustadz Washito abufawaz.wordpress.com.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com