SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

WAJIBKAH AHLI WARIS MELUNASI HUTANG SI MAYIT KETIKA DITAGIH TANPA BUKTI DAN SAKSI?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
7 years ago

Pertanyaan :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mau tanya, apabila orangtua meninggal. Lalu ternyata datang orang menagih hutang, tapi hutang tersebut tidak ada perjanjian di atas putih. Apakah keluarga yg ditinggalkan wajib melunasi hutang tersebut? Padahal Almarhum tidak pernah bercerita tentang hutangnya tersebut. Terima kasih.

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 250)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Jika orang yg menagih hutang tsb tidak punya bukti apapun dan tidak ada saksi yg terpercaya, maka keluarga mayit (ahli waris) tidak wajib melunasi tagihan hutang tsb. Apalagi sewaktu si mayit masih hidup tidak pernah bercerita kpd ahli warisnya bahwa ia punya hutang pd orang lain.
Sebab jika setiap ada org yg menagih hutang dilunasi tagihannya, niscaya akan ada orang2 lain yg melakukan perbuatan tsb.

Oleh karena itu didlm hadits, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
(Lau Yu'tho An-Naasu Bi Da'aawaahum Lad-Da'a Rijaalun Amwaala Qoumin Wa Dima-ahum, Walakin Al-Bayyinatu 'Ala Al-Mudda'I wa Al-Yamiinu 'Ala Man Ankaro)
Artinya: "Kalau sekiranya manusia diberikan sesuai dengan apa yg mereka klaim, niscaya akan ada orang2 yg mengklaim harta dan darah orang lain. Akan tetapi BUKTI itu wajib didatangkan oleh orang yg mengklaim (menuduh), dan SUMPAH itu wajib bagi orang yg mengingkari (tuduhan tsb)."

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg bermanfaat.
Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-taufiq.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com