SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

HUKUM MEMINTA SUMBANGAN UNTUK KEPENTINGAN UMAT ISLAM SEPERTI PEMBANGUNAN MASJID, PESANTREN DAN SEMISALNYA


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
8 years ago

Pertanyaan :

Di tempat saya,,mesjidnya akan direnovasi lagi (bangunan baru sekitar 9th),,untuk mencari dananya, sebagai warga dikenakan per KK 250rb,,utk yg mampu الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين bisa membayar,,sedangkan yg tidak mampu jadi terkesan memberatkan,,apa meminta-minta dana disini termasuk haram hukumnya atau tidak?

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 236)

Ibu Yu.. Um.. Riz..@
Bismillah. Meminta Dana atau Sumbangan untuk kepentingan dan kemaslahatan umat Islam hukumnya BOLEH. Yg dilarang dan tercela adalah meminta2 bantuan dana / sumbangan utk kepentingan pribadi atau memperkaya diri padahal ia adalah orang yg berkecukupan atau mampu utk mencari nafkah.

Hanya saja yg perlu diperhatikan oleh para pengurus / panitia pembangunan masjid, pesantren dan semisalnya ialah kemampuan masyarakat muslim yg akan dimintai dana sumbangan/infaq. Hendaknya tidak meminta2 kpd mereka diluar kemampuan ekonomi mereka. Karena infaq/sedekah dlm hal ini sifatnya tathowwu' (hukumnya sunnah), tidak wajib sbgmana hukum Zakat Maal dan Zakat Fithri. Dan juga, hendaknya tidak menyamaratakan antara orang kaya dengan orang yg kurang mampu dlm kadar/jumlah pungutan infaq tsb.

Utk mengetahui penjelasan lebih detail beserta dalil2nya silakan ibu baca artikel kami didlm Majalah AS-SUNNAH edisi bulan April 2012, atau bisa juga membacanya di Link berikut ini. KLIK: http://abufawaz.wordpress.com/2012/05/26/hukum-mengemis-dan-meminta-sumbangan-dalam-pandangan-islam/

Demikian jawaban yg dpt kami sampaikan. Smg bermanfaat.
Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-taufiq.

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com