SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

BENARKAH SEORANG LAKI LAKI BERTANGGUNG JAWAB ATAS 4 WANITA, ISTRINYA, IBUNYA, ANAK PEREMPUANNYA, DAN SAUDARA PEREMPUANNYA? ADAKAH HADITS TENTANG HAL INI?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
8 years ago

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ustadz ana dpt pertanyaan :
apa ada dalil bhw lelaki diminta pertanggung jawaban atas 4 hal: istrinya, ibunya, anak perempuannya & saudara perempuannya. جَزَاك اللّهُ خَيْرًا ustadz

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 216)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Sepengetahuan saya tidak ada dalil khusus dari ayat Al-Quran maupun Hadits shohih yg berkenaan dengan tanggung jawab seorang laki2 terhdp 4 wanita: istrinya, ibunya, anak perempuannya & saudara perempuannya.

Yang ada hanyalah dalil2 syar'i secara umum, sepeti Firman Allah ta'ala: (Ya ayyuhalladziina amanu quu anfusakum wa ahlikum naro) Artinya: "Hai orang2 yg beriman jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari (siksaan) api neraka." (QS. At-Tahriim: 6)

Dan juga sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: (Kullukum ro'in wa kullukum mas-ulun 'an ro'iyyatihi)
Artinya: "Setiap orang diantara kalian adalah pemimpin, dan masing2 dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban (oleh Allah) ttg apa yg dipimpinnya."

Ayat dan Hadits ini menunjukkan tanggung jawab seorang laki-laki (suami, ayah, para imam dan pemimpin atau yg semisalnya) terhadap keluarganya dan siapa saja yg berada dlm tanggungannya dan menjadi bawahannya. Dan yg demikian ini bersifat umum, mencakup pria dan wanita.

Demikian jawaban yg dpt kami sampaikan. Smg bermanfaat.
Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-taufiq.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com