SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

BOLEHKAH MENYAMPAIKAN KULTUM, CERAMAH SINGKAT, SEBELUM ATAU SESUDAH SHOLAT TARAWIH?


Ummu Adam Zakariya
Ummu Adam Zakariya
9 years ago

Pertanyaan :

أَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ya akhyfillah, ana ada pertanyaan, bagaimana hukumnya melakukan ceramah sebelum / diantara sholat Tarawih berjamaah di masjid? Bolehkah kita mengikuti sholat berjamaah Tarawih di mesjid tersebut? Jazakallahu khairon.

Jawaban Oleh Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawaz, Lc,MA :
(Disusun Di BBG Majlis Hadits: Tanya Jawab Masalah 204)

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Di dalam hadits-hadits Nabi yg shohih, tidak ada satu hadits pun yg menunjukkan bahwa ketika kaum muslimin melakukan sholat Tarawih berjama'ah disunnahkan bagi seorang imam atau selainnya utk menyampaikan ceramah (kultum) di hadapan jama'ah sholat Tarawih, baik sebelum atau diantara sholat Tarawih dan Witir. Sehingga dengan demikian, tidak sepantasnya bagi seorang muslim berkeyakinan atau beranggapan atau mengira bahwa sholat Tarawih berjama'ah itu akan menjadi lebih utama jika ada ceramah atau kultumnya. Karena hal itu bukan suatu rangkaian dari sholat Tarawih dan Witir.

Di dalam sebuah hadits, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: wa khoirol Hadyi Hadyu Muhammad" artinya: "Dan sebaik-baik tuntunan adalah tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam."

Akan tetapi, jika ada seorang imam menyampaikan ceramah atau kultum kpd jama'ah sholat Tarawih sesekali saja (tanpa rutin), dan tanpa ada yg meyakini atau beranggapan bahwa sholat Tarawih dan Witir berjama'ah itu akan menjadi lebih utama jika diadakan ceramah atau kultum, akan tetapi ia menyampaikan kultum / ceramah tsb hanya dlm rangka memanfaatkan kesempatan berkumpulnya orang banyak di dalam masjid, maka yg nampak bagi kami TIDAK APA-APA. Meskipun yg lebih utama dan lebih baik ialah ceramah atau taushiyah itu disampaikan beberapa saat setelah sholat Witir, sehingga tidak menyambung antara waktu sholat Tarawih dengan ceramah tsb (maksudnya ada waktu jeda).
Hal ini sebagaimana yg pernah dilakukan oleh beberapa ulama Sunnah spt Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin rahimahullah dan syaikh Sholih Al-Fauzan hafizhohullah selama i'tikaf di dalam Masjidil Haram pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Adapun hukum sholat Tarawih berjama'ah di masjid yg ada ceramah atau kultumnya baik sebelum ataupun diantara sholat Tarawih maka hukumnya BOLEH dan SAH, karena hal tsb bukan termasuk pembatal sholat.

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg dpt dipahami dan menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat. Wallahu a'lam bish-showab.
Wabillahi at-taufiq

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com