SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Batasan Nishob Zakat Maal Uang Rupiah.


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
9 years ago

Pertanyaan:
Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh.Ustadz pembina milis yang dirahmati Alloh, ana ingin menyampaikan pertnyaan berkaitan dengan nishop zakat maal berupa uang.

Dari referensi yg ana baca bahwa nishob untuk dinar : 20 dinar, dirham : 200 dirham, emas : 85 gram dan perak : 595 gram. Setelah ana cari nilai rupiahnya ketemu sbb :
- dinar / emas   : Rp 40jt an
- dirham           : Rp 12,5 jt an
- perak             : Rp 6 jt an

yang ingin ana tanyakan, batasan nishob mana yg digunakan untuk harta yg berupa uang rupiah???emas/dinar atau dirham atau perak? mengingat bahwa antara nishob emas dan perak cukup jauh.Atas jawabanya kami ucapkan jazakumullohu khoiron katsiro....Wassalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh

Jawaban:
 Waalaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh
Yang jadi patokan dalam nishob mata uang adalah nishob emas atau perak. Jika mencapai salah satu nishob dari keduanya, maka ada zakat. Jika kurang dari itu, maka tidak ada zakat. Jika kita perhatikan yang paling sedikit nishobnya ketika ditukar ke mata uang adalah nishob perak. Patokan nishob inilah yang lebih hati-hati dan lebih menyenangkan orang miskin. Besaran zakat mata uang adalah 2,5% atau 1/40 ketika telah mencapai haul.
[2]http://rumaysho.com/hukum-islam/zakat/3798-panduan-zakat-mata-uang-a-zakat-penghasilan.html

Sumber Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com