SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wajibkah Menjawab Salam Non Muslim?


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
7 years ago

Pertanyaan:
Αƒωαη Úsƭαϑz ... ana mau nanya gmn hukumnya klu yg memberi salam itu non muslim, apakah kita juga wajib menjwb salamnya ? ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا sebelumnya úsƭαϑz

Jawaban:
jika ada non muslim yg memberi salam kpd kita maka kita TIDAK WAJIB menjawab salamnya, karena kewajiban menjawab salam itu hanya kpd sesama muslim, dan ini trmsuk salah satu hak orang muslim, sbgmn firman Allah ta'ala: wa idza huyyiitum bitahiyyatin fahayyuu bi ahsana minha au rudduuha. Artinya: "dan apabila kalian diberi ucapan salam maka balaslah ucapan salam tsb dengan yg lbh baik darinya atau yg balaslah dengan yg semisal."

Dan di dlm hadits yg shohih, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: haqqul muslimi 'alal muslimi sittun: idza laqitahu fasallim 'alaihi,... Dst." Artinya: "hak orang muslim yg wajib ditunaikan oleh muslim lainnya ada enam, (diantaranya): "apabila engkau berjumpa dengannya maka ucapkanlah salam kpdanya, ... Dst." Tetapi jika kita ingin menjawab atau membalas ucapan salam non muslim maka hukumnya BOLEH. Dan cara menjawabnya adalah dengan mengucapkan "wa'alaikum" sj. Hal ini sbgmn diajarkan Nabi shallallahu alaihi wasallam di dlm sabdanya: idza sallama 'alaikum ahlul kitab faquuluu wa'alaikum. (Au kama qoola). Artinya: "apabila ahli kitab (yahudi n nasrani) mengucapkan salam kpd kalian maka jawablah dengan mengucapkan "wa'alaikum.". Demikian jawaban yg dpt sy smpkn smg bermanfaat. Wabillahi at-taufiq.

Sumber: Ustadz Washito

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com