SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sengketa Harta


Feby ummu maryam
Feby ummu maryam
7 years ago

Pertanyaan:

Assalaamu 'alaykum Ustadz...
 
Saya mau bertanya kasus sbb :
 
Syarif memiliki adik perempuan bernama Tana. Tana membeli sebidang tanah dari uangnya sendiri, dan tanah tersebut dibuatkan atas nama Syarif untuk kemudahan proses administrasi. Surat tanah dipegang oleh keluarga Syarif
 
Seiring perjalanan waktu, Syarif meninggal dan Tana meninggal. Kemudian Firdaus sebagai ahli waris dari keluarga Syarif yang tidak tahu menahu ttg sejarah tanah tsb, menjual tanah tersebut dan disetujui oleh istri Syarif yaitu ibu kandungnya Firdaus. Hasil penjualan tanah dijadikan modal usaha.  Firdaus adalah 7 orang bersaudara, 2 wanita dan 5 laki-laki. Secara hukum, usaha tersebut sahamnya dipegang oleh Firdaus, dan 2 orang adik laki2nya yaitu Ferdi dan Fauzi.  
Dari usaha tersebut, Firadus membeli sebuah rumah di Jakarta untuk ditempati oleh ibu dan adik2nya.
 
Kemudian Firdaus membeli rumah lagi di Tangerang, dan memindahkan ibu dan sebagian adik2nya ke Tangerang. Saat ini ibunya Firdaus sudah renta berusia 85tahun.
 
Saat ini, ahli waris dari Ibu Tana selaku pemilik tanah asli menggugat tanah tersebut...
 
 
Pertanyaan saya adalah sbb :
 
1. Rumah yang terletak di Jakarta adalah milik siapa ? Apakah milik Firdaus, ataukah milik Ibunya Firdaus, ataukah milik keluarga besar Pak Syarif ?
2. Rumah yang terletak di Tangerang adalah milik siapa ? Apakah milik Firdaus, ataukah milik Ibunya Firdaus, ataukah milik keluarga besar Pak Syarif ?
3. Yang bertanggung jawab atas penjualan tanah itu siapa ? Ibunya Firdaus, Firdaus ataukah keluarga besarnya Pak Syarif ?
4. Jika ahli waris dari Ibu Tana meridhai dengan mendapatkan ganti rugi, lantas rumah yang terletak di Jakarta dan di Tangerang itu dimiliki oleh siapa ?
 
 
Terima kasih
 J B Hasibuan


Jawaban:
kaedah dalam masalah ini adalah "harta dan semua turunannya adalah milik si pemilik harta atau ahli warisnya".

dalil kaedah adalah hadits berisi kisah ashabul ghar, tiga orang yang terperangkap dalam goa.

Sumber: Ustadz Aris Munandar
[Milis PM Fatwa]

Silakan Login untuk menulis komentar.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com