SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mengidap kanker stadium lanjut, masih bisa bertahan berapa lama?


moden
moden
4 months ago

癌症2.jpg

berapa lama masa hidup kanker stadium lanjut

        Menurut data WHO, kanker merupakan penyebab kematian kedua terbesar. Pada tahun 2015, terdapat 8,8 juta orang yang meninggal akibat kanker, sekitar seperenam dari jumlah kematian di dunia. Kanker, terutama kanker stadium lanjut adalah salah satu faktor utama penyebab kematian manusia. Jadi, apakah masih bisa terus bertahan hidup setelah mengidap kanker stadium lanjut? Masih dapat hidup berapa lama? Ahli Onkologi menjelaskan, dikarenakan jenis kanker sangat banyak dan kondisi yang kompleks, mengenai pertanyaan tentang berapa lama bisa bertahan hidup dengan kanker stadium lanjut, tidak dapat digeneralisasi, harus ditentukan berdasarkan pada kondisi pasien yang sebenarnya. Secara umum, berapa lama kanker stadium lanjut dapat bertahan hidup ,berkaitan dengan beberapa faktor di bawah ini.

 

         I. Jenis kanker

Dikarenakan jenis kanker yang beragam, setiap jenis kanker memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Meskipun semuanya kanker stadium lanjut, untuk beberapa kasus dengan prognosis yang lebih baik, masa hidupnya akan lebih lama, dan untuk prognosis yang lebih buruk, masa hidupnya akan lebih singkat.

Seperti kanker pankreas yang disebut "raja kanker", kanker pankreas stadium lanjut memiliki kelangsungan hidup 5 tahun sebesar 2.7% di AS, 1.3% di Jepang. Dengan kata lain, dari 100 kasus kanker pankreas stadium lanjut, hanya ada 1-2 orang yang dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun, kelangsungan hidup rata-rata kurang dari setengah tahun, termasuk jenis kanker dengan prognosis yang buruk. Kanker paru dan kanker hati sama seperti kanker pankreas yang memiliki kelangsungan hidup 5 tahun di bawah 5%.

Namun pada kanker tiroid, meskipun stadium lanjut, kelangsungan hidup 5 tahun di AS sebesar 55.5%, di Jepang sebesar 42.2%. Dengan kata lain, dari 100 pasien kanker tiriod stadium lanjut, sekitar separuhnya dapat bertahan hidup selama lebih dari 5 tahun. Dapat disimpulkan jenis kanker adalah satu faktor utama yang mempengaruhi masa hidup kanker stadium lanjut.

      II. Metode pengobatan

Meskipun kanker stadium lanjut biasanya tidak cocok untuk menjalani operasi, namun tetap bisa mengendalikan penyakit melalui pengobatan standar , untuk mendapatkan kelangsungan hidup yang lebih panjang. Beberapa pasien kanker stadium lanjut berpikir bahwa pengobatan standar sudah tidak bisa menyembuhkan penyakitnya. Mereka mulai secara membabi buta percaya dan menggantungkan harapan mereka untuk bertahan hidup pada obat tradisional. Di luar dugaan, efek yang mereka dapatkan seringkali malah sebaliknya. Program pengobatan standar untuk kanker stadium lanjut telah terbukti dalam ratusan ribu uji klinis, dan memang dapat memperpanjang kelangsungan hidup. Sedangkan obat tradisional biasanya hanya sugesti saja. Obat-obatan tradisional ini belum terbukti secara ilmiah dan klinis, dan sulit untuk memastikan kemanjurannya. Ada beberapa yang bukan hanya tidak efektif, bahkan dapat menyebabkan kondisi penyakit memburuk. 

Jika kanker stadium lanjut menjalani pengobatan standar, tidak sedikit yang dapat bertahan selama 5 tahun. Contohnya, kanker paru dengan mutasi gen EGFR. Setelah menjalani pengobatan oral bertarget, kelangsungan hidup beberapa pasien stadium lanjut dapat diperpanjang. Pada kanker payudara stadium lanjut dan kanker prostat stadium, setelah menjalani terapi endokrin dan kemoterapi, beberapa pasien dengan metastasis tulang dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun. Meskipun beberapa pasien kanker stadium lanjut tidak dapat diobati dengan program pengobatan standar, setelah menjalani pengobatan yang sesuai dapat mengurangi penderitaan yang disebabkan oleh kanker, memperbaiki kualitas hidup pasien. 

 

III. Pasien itu sendiri 

Psikologis pasien sangat berpengaruh, baik dalam pengobatan atau pemulihan pasien kanker stadium lanjut. Jika psikologis pasien tidak baik, tidak hanya akan sulit untuk bekerja sama saat menjalani pengobatan, tetapi juga akan sangat mempengaruhi hasil pengobatan. Beberapa metode pengobatan yang membutuhkan kerjasama pasien, dokter tidak berani mencobanya dengan mudah.

Fisik pasien itu sendiri. Untuk pasien dengan usia lanjut dan kondisi fisik yang tidak baik, tidak tahan terhadap kemoterapi dan radioterapi, tidak dapat menjalani beberapa program pengobatan yang matang. Karena itu, bagi pasien dengan kondisi fisik yang baik, pengobatan yang dapat dijalani lebih lengkap, kelangsungan hidupnya juga lebih lama.

Tidak semua kanker itu menakutkan dan tidak perlu ditakuti. Sekalipun kanker stadium lanjut, tetap mempunyai peluang kesembuhan tertentu. Oleh karena itu, jika terdiagnosa kanker stadium lanjut, jangan menyerah. Dengan mempertahankan sikap optimis dan bekerjasama dalam program pengobatan standar, dapat memperpanjang kelangsungan hidup.

Silakan Login untuk menulis komentar.

FORUM TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com